GUBERNUR DIY RESMIKAN PASAR BANTUL DAN PASAR UNGGAS

Kamis, 19 Maret 20150 komentar





Kamis pagi, 19 Maret 2015 bertempat di halaman Pasar Bantul telah berlangsung Peresmian Pasar Bantul dan Pasar Unggas Bantul Oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati beserta Wakil Bupati Sumarno Prs, Muspida TK II Bantul, Ketua DPRD Bantul, Ka Dinas PPD, Muspika Kec. Bantul, Para lurah Pasar se Kab. Bantul, serta tamu undangan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan laporan Bupati Bantul yang menyampaikan bahwa Pasar Bantul berdiri diatas tanah pemerintah seluas 27.714 m2. Sedangkan pembangunan Pasar Bantul dilaksanakan dalam dua tahap, tahun 2013 untuik pembangunan los dengan anggaran Rp. 8.657.221.000,-, tahun 2014 untuk penambahan los dan pembangunan kios depan sebanyak dua lantai dengan anggaran Rp. 18.998.384.000,- yang merupakan sharing dengan Pemerintah DIY sebesar Rp. 6.000.000.000,- dan APBD Kab. Bantul Rp. 12.998.384.000,-.

Bupati melaporkan pula bahwa jumlah pedagang pasar Bantul saat ini sebanyak 1.718 orang, adapun pedagang yang terkena dampak pembangunan pasar sebanyak 631 orang yang mana yang sudah ditempatkan pada tahap I sebanyak 270 orang dan tahap II sebanayk 159 orang (los) serta 108 orang (kios). Sementara pedagang lainnya masih menempati bangunan sementara. "Kami harapkan kedepan kami bisa menambah fasilitas los serta rehabilitasi los bagian tengah," tambah Bupati.

Sedangkan Pasar Unggas Bantul yang berada di Pedukuhan Kurahan Bantul dibangun untuk menampung pedagang unggas yang semula berada di Pasar Sempulur yang sudah tidak mampu menampung pedagang serta pedagang unggas yang berada di sekiatar Lapangan Dwi Windu.

Menurut Bupati, pembangunan Pasar Unggas juga dilakukan dua tahap. Tahun 2013 untuk membangun kios sebanyak 12 unit, pagar keliling serta penyiapkan lingkungan, menelan anggaran sebesar Rp. 731.137.000,- dari APBD. Sedangkan di tahun 2014 untuk pembangunan los, kamar mandi serta mushola dengan anggaran sebesar Rp. 750.000.000,- (APBD).

Pasar Unggas mampu menampung sebanyak 127 orang pedagang serta pedagang kuliner sebanyak 12 pedagang pindahan dari sekitar Lapangan Dwi Windu.

Sedangkan sambutan yang kedua oleh Gubernur DIY yang menyampaikan apresiasi dengan pembangunan pasar ini. "Dengan diresmikan pasar Bantul yang merupakan pasar tradisional namun sudah cukup modern dan juga Pasar Unggas ini kami atas nama Pemerintah DIY menyambut dan mengapresiasi dengan baik," kata Gubernur DIY. 

Peresmian pasar dengan ditandatangani prasasti oleh Gubernur, serta resminya pemakaian Pasar ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bantul. Selanjutnya Gubernur DIY didampingi Ketua DPRD Bantul serta Muspida berkenan langsung meninjau ke dalam pasar Bantul untuk melihat secara langsung para pedagang serta mengadakan dialog dengannya.

Masih dalam acara rangkaian peresmian pasar ini nanti malam akan digelar Wayang kulit semalam suntuk yang akan berlangsung tepat di depan pasar Bantul.

Selama berlangsungnya acara peresmian pasar personil Polsek Bantul mengadakan pengamananan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Bantul) 


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger