Pemerintah Daerah Bantul mengadakan Workshop System Manajemen Mutu ISO
9001:2008 pada hari Selasa, 2 Desember 2014 pukul 09.45 Wib bertempat di lantai
III gedung induk komplek Parasamya.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Assek III Pemda Bantul, Sunarto, SH,
MH, Kepala SKPD, Kabag Tata Pemerintahan Pemda Bantul Sigit Widodo, SH, Kepala
Puskesmas se-Kabupaten Bantul serta sekitar 200 peserta workshop.
Kabag Tata Pemerintahan Pemda Bantul, Sigit Widodo, SH dalam sambutannya
mengatakan bahwa acara workshop tersebut dilaksanakan sebagai sarana dalam
meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.
“Untuk itu, demi memberikan layanan yang prima, organisasi perlu melakukan
”Continual Improvement Process” yaitu proses perbaikan yang berkesinambungan
disetiap elemen dalam organisasi sehingga setiap aspek yang mempengaruhi
operasional organisasi dapat terus ditingkatkan kinerjanya, sehingga mampu
memberikan layanan yang prima, yang mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat
dan pelanggan yang menikmati layanan tersebut,” ujar Bapak Sigit Widodo, SH.
Sedangkan Assek III, Sunarto, SH, MH mengatakan bahwa masyarakat merupakan
pelaku utama pembangunan, maka Pemerintah bertugas membimbing kemajuan
masyarakat. Dalam pelaksanaan pelayanan public ditetapkan dengan Standar Mutu
Pelayanan yang lebih dikenal dengan sebutan ISO, sehingga pelayanan yang cepat
dan bermutu bisa tercapai. Untuk mencapai target yang ditentukan, dalam
melaksanakan pelayanan, sebagai aparatur kita harus mengedepankan 8 pilar yaitu
perencanaan, leadership, keterlibatan semua orang, pendekatan proses,
peningkatan manajemen, perbaikan berkelanjutan, pendekatan fakta serta
kerjasama yang saling menguntungkan.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi workshop yang membahas tentang
pedoman dalam pelaksanaan “Continuous Improvement Process “, organisasi dapat
menggunakan Standar Internasional yaitu ISO 9001:2008. ISO 9001:2008 merupakan
suatu Standar Sistem Manajemen Mutu yang telah diakui secara internasional,
yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization yang
berkedudukan di Jenewa, Swiss.
Melalui penerapan ISO 9001:2008 di organisasi, diharapkan output yang
dihasilkan oleh organisasi adalah output yang sesuai dengan keinginan
masyarakat dan pelanggan. Selain itu, penerapan ISO 9001:2008 ini juga mampu
meningkatkan kinerja organisasi. (Sihumas Bantul)
Posting Komentar