PERKEMBANGAN ANAK DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sabtu, 30 Agustus 20140 komentar



Kemajuan teknologi sangat memberikan manfaat positif diberbagai bidang, namun disisi lain, kemajuan yang tidak terkendali dapat menimbulkan dampak negatif.

Kemajuan teknologi komunikasi yang tidak terbendung leibh banyak berorientasi pada aspek ekonomi. Terhadap perkembangan anak misalnya, para orang tua harus benar – benar melakukan kontrol tentang kapan dan dimana anak harus menggunakan teknologi tersebut.

Dibeberapa peristiwa pidana, tidak jarang pelakunya melibatkan anak – anak karena pengaruh perkembangan teknologi komunikasi. Hasil penyidikan unit Perempuan dan Anak di Polres dan Polda – Polda yang ada di Indonesia menjelaskan bahwa kasus – kasus kejahatan yang melibatkan anak sebagai pelaku, pelecehan seksual misalnya, diawali dari kegiatan anak dalam menonton adegan porno di telpon celluler yang belum saatnya ia lihat.

Kondisi ini tentu menjadi perhatian kita semua, khususnya orang tua agar dapat melakukan pengawasan secara melekat terhadap anak – anaknya yang belum dewasa dalam menggunakan teknologi seperti laptop dan telpon celluler. Anak – anak yang dalam masa pertumbuhan dan dengan semangat untuk mengetahui hal – hal yang baru seharusnya selalu didampingi.

Kemudahan dalam melakukan akses internet dan beraktifitas di dunia maya saat ini tidak memerlukan pendidikan khusus bagi anak-anak. Kadangkala tanpa diajarkan, anak – anak mampu mengoperasikan laptop, Ipad dan peralatan komputer yang sejenis untuk menemukan permainan, termasuk melakukan pencarian terhadap berbagai hal yang ingin diketahuinya. Oleh karena itu, saatnya kita semua harus peduli terhadap perkembangan anak – anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa dari pengaruh negatif kemajuan teknologi.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger