TIPS PARKIR SEPEDA MOTOR YANG AMAN

Minggu, 02 Agustus 20150 komentar


Pencurian motor semakin marak. Anda harus berhati-hati, jangan sampai motor kesayangan lenyap digondol maling. Yang utama dan pertama kali, jangan lupa pakai kunci ganda dan kunci rahasia.

Lengkapi motor dengan kunci ganda dan kunci rahasia. Bila hanya kunci ganda saja, pencuri akan dengan mudah membongkar kunci. Dalam prakteknya mereka hanya butuh waktu 2-3 menit untuk mengambil motor. Mereka pakai letter T yang terbuat dari baja. Dan itu sangan mudah membongkar rumah kunci. Tapi kalau pakai kunci ganda dan rahasia, itu akan menyulitkan mereka.

Kemudian, bila anda datang ke suatu tempat, parkirlah di tempat yang resmi. Jangan parkir di tempat sembarangan. Keluar biaya sedikit lebih mahal tentu tak mengapa asalkan motor Anda aman.

Waspada terhadap mobil boks, pikup, dan truk yang berada di samping motor Anda. Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar lokasi parkir motor Anda. Pencuri motor dapat dengan cepat menggotong motor Anda, kemudian membawa kabur motor Anda untuk selama-lamanya.

Hati-hati juga dengan barang bawaan anda semisal helm jaket jas hujan. Titipkanlah di tempat penitipan barang jika dilokasi tersebut tersedia tempat penitipan barang. Karena hal tersebut bisa menarik perhatian pencuri mendatangi motormu.

Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga. Untuk lebih aman, jika Anda parkir di tempat yang rutin atau sering, misalnya di kampus, kantor, rumah, minimarket, dan warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Tujuannya adalah agar tukang parkir jadi kenal dan otomatis kenal dengan motor yang kita pakai.

Periksalah kunci kontak anda dan simpan kuncinya sebelum meninggalkan tempat parkiran. Karena kebanyakan pencurian motor terjadi ketika kontak pada posisi off tetapi motor dalam kondisi tidak terkunci.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger