TIPS PARKIR KENDARAN YANG BAIK

Senin, 25 Maret 20130 komentar



Cara parkir mobil yang baik dan benar merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh para pengemudi mobil. Ketidakwaspadaan saat memarkir mobil bisa mengakibatkan terjadi kerusakan dan kerugian pada mobil, Sehingga sebuah teknik dan cara parkir mobil yang terbaik yang bisa dilakukan perlu diperhatikan agar tehindar dari segala kemungkinan yang mengakibatkan kerusakan mobil saat diparkir.

Banyak orang saat ini tahu bagaimana mengendarai mobil tapi sangat sedikit orang tahu bagaimana memarkirkan mobilnya dengan baik. Perlu dipahami bahwa pengendara yang mahir tidak hanya bisa mengendarai mobilnya dengan baik di jalan raya, tetapi juga mampu memarkirkan mobilnya dengan baik.

Sering mungkin kita lihat banyak lahan parkir yang tersisa sia-sia hanya karena seseorang memarkirkan kendaraannya tidak lurus. Atau justru mungkin Anda juga pernah mengalami kesulitan keluar dari tempat parkir Anda karena mobil lain menghalangi mobil Anda. Berikut tips-tips parker kendaran yang baik dan benar :
  • Carilah tempat parkir yang cukup besar untuk memarkirkan mobil agar jangan sampai cara parkir Anda akhirnya menggores mobil orang lain.
  • Upayakan parkir dengan cara mundur, walaupun tampak sulit tapi hal ini justru memudahkan Anda dan jangan lupa hidupkan lampu sein ketika parkir.
  • Pastikan untuk memberi jarak dengan mobil di belakang dan di depan Anda, jika Anda berniat memarkirkan mobil di tengah-tengah dua mobil lain.
  • Buka Jendela mobil saat diarea parkir dan matikan radio tape atau musik yang ada di mobil anda untuk lebih konsentrasi serta mendengarkan sesuatu di sekeliling anda sebelum sempat melihatnya.
  • Gunakan ketiga kaca spion (kanan, tengah, dan kiri) untuk memanuverkan mobil Anda. Jangan lupa untuk membuat jarak juga dengan mobil di sebelah kiri maupun kanan.
  • Upayakan untuk menarik rem tangan ketika Anda memarkirkan mobil. Jika Anda parkir di jalanan yang menurun atau menanjak, usahakan untuk memasukkan perseneling atau gigi ketika mematikan mobil. Hal ini sebagai antisipasi jika rem tangan tak bisa menahan beban mobil ketika diparkirkan di jalanan yang tidak rata.
  • Satu hal sering dilupakan adalah jangan membuka pintu mobil terlalu lebar atau terburu-buru yang akhirnya membentur mobil orang lain. Upayakan untuk pelan-pelan membuka pintu mobil, terutama ketika Anda parkir dengan cara serong/miring.
Pada dasarnya parkir adalah mencari tempat yang tepat dengan kesesuaian ukuran mobil anda. Sehingga carilah tempat yang sekiranya benar-benar tepat untuk memarkir mobil. Jangan tergesa-gesa dalam memilih tempat parkir mobil hanya karena ada mobil di belakang anda itu bukan alasan utama anda segera memarkir mobil tapi lebih utamakan tempat parkir mobil yang terbaik untuk mobil anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger