TIPS DAN TRIK MENGEMUDI MOBIL UNTUK DRIVER PEMULA

Selasa, 24 Juni 20140 komentar



1. Biasanya anda menyetir didampingi dengan seorang instruktur yang duduk dikursi sebelah anda. Kali ini anda harus menyetir sendirian dan ada perasaan janggal, saatnya menumbuhkan keyakinan bahwa anda telah dapat mengendalikan kenderaan anda dengan baik

2. Bila Anda harus mengemudi sendirian, mulailah pada jalan-jalan yang Anda ketahui, tapi ingat untuk menjaga agar anda tidak tersesat siapkan peta jalan.

3. Berdoalah sebelum anda menjalankan kenderaan anda.

3. Ketika keyakinan telah tumbuh mengemudilah dengan perasaan nyaman sebagaimana anda pemilik mobil, bukan mempermasalahkan keadaan jalan.

4. Walaupun anda telah lulus tes mengemudi, harus tetap berkendara dengan peraturan yang ada. Sekali-kali jangan melanggar peraturan teknis menyetir maupun peraturan lalu lintas

5. Ketrampilan anda dalam menyetir tidak selalu menghindarkan anda dari kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

6. Menyetirlah dengan menyesuaikan kecepatan mobil anda sesuai dengan keadaan lalu lintas pada saat itu. Jika situasi jalan dalam keadaan ramai dan merayap anda harus mengendalikan kenderaan anda lebih serius/berhati-hati agar tidak berserempetan atau menabrak kenderaan lain. Bila keadaan telah lancer baru anda menambah kecepatan sebagaimana anda mampu mengendalakan kenderaan anda. Ingat, bukan yang penting kencang/mengebut, tapi sesuai kecepatan mobil dengan ketrampilan anda mengemudi dan kondisi lalulinta pada asaat itu.

7. Istirahat dan tidur yang cukup sebagai persiapan jika anda akan mengadakan perjalan jauh, agar konsentrasi anda dalam berkendara dalam keadaan fit. Pastikan kondisi mobil tidak ada permasalah teknis dan bahan bakar cukup. Mendengar infromasi lalu lintas dari siaran radio akan membantu anda memilih jalan yang dapat ditempuh dalam keadaan lancar.

8. Hindarkan menyetel radio atau cd ketika sedang mengemudi, sebaiknya setting dilakukan sebelum dalam perjalanan. Jangan terlalu keras menyetel radio atau music yang berakibat anda tidak dapat mendengar klakson atau serine mobil dalam keadaan darurat dibelakang anda.

9. Sebagai pengendara pemula bisa saja anda membawa teman yang sebaya dengan anda, kendali atau perintah dari teman anda tersebut jangan sampai menambah kerumitan anda mengendalikan mobil ketika dalam masalah, misalnya kemacetan lalu lintas pada jalan tanjakan. Anda harus tetap mengembil keputusan yang tepat, misal menggunakan rem tangan atau mensimultankan antara kopling dan gas ketika mobil dalam posisi menanjak dan merayap.

10. Jaga pandangan kedepan dan jaga jarak kenderaan anda dengan kenderaan yang ada didepan. Tidak perlu gugup tapi jalnkan semuanya denga rileks dan penuh keyakinan. Boleh berbicara dengan penumpang disebelah atau yang ada di kursi belakang tetapi tidak perlu menolehkan pandangan kepada mereka.

11. Pelajari tentang tips dan trik mengemudi serta belajar video-video tentang pelajaran mengemudi, akan membuat anda dapat mengemudi dengan baik dan aman.

13. Jangan meninggalkan barang-barang berharga dalam mobil ketika sedang beristirahat. Barang berharga yang terlihat dari luar mobil dapat memngundang pencurian.
16. Jika Anda sedang mengemudikan mobil anda di jalan yang permukaannya licin, kotrol terhadap pedal rem, pedal kopling dan pedal gas harus dengan lembut, untuk menghindari mobil tergelincir keluar dari jalan raya.

17. Hindari menggunakan obatan-obatan dan minuman beralkohol ketika mengemudi.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger