BERHIJAB BUKAN ALASAN TIDAK MENGGUNAKAN HELM

Selasa, 05 Agustus 20140 komentar



Saat ini masih banyak dijumpai pelanggaran lalu-lintas terutama masalah penggunaan helm bagi pengendara wanita dengan alasan sudah menggunakan "jilbab/kerudung". Padahal syarat keamanan berkendara sesuai dengan Undang-Undang lalu-lintas, helm hukumnya wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor.

Salah seorang lady biker, Maharani, menuturkan bahwa "ber-jilbab bukan alasan untuk tidak ber-helm". Berikut tips dari lady biker terkait dengan penggunaan helm ketika memakai jilbab saat berkendara :

1. Gunakan jilbab yang simpel tanpa banyak tambahan aksen. Pasalnya, pemakaian helm yang baik dan benar itu harus pas dengan kepala dan tidak ada rongga.

2. Sebaiknya jangan menggunakan ciput yang terlalu mancung. Hal itu akan mengganggu saar menutup kaca helm. Termasuk mengganggu pandangan dan merusak ciput itu sendiri.

3. Pilih variasi kecil yang tidak mengganjal di helm. Jika suka variasi jilbab seperti bandana luar dengan aneka kembang atau bros ronce panjang untuk bagian belakang, sebaiknya dipakai jika sudah sampai di tempat tujuan.

4. Gunakan jaket motor dan pastikan jilbab masuk di dalam jaket supaya tidak terbang-terbang diterpa angin. Jilbab yang terbang-terbang bisa saja mengganggu konsentrasi kita saat berkendara.

5. Pilih warna jilbab yang soft. Ini maksudnya supaya jilbab tidak menyerap terlalu banyak sinar matahari yang bisa menimbulkan keringat berlebih pada kulit kepala.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger