FUNGSI TUTUP PENTIL PADA KENDARAAN

Selasa, 05 Agustus 20140 komentar



Tutup pentil ban (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Padahal ia sebenarnya punya peran penting, ia bertugas mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil.

Ada beberapa jenis tutup pentil ban. Paling sederhana dan mudah ditemui adalah tutup pentil ban berbahan plastik. Hanya saja model ini berpotensi getas dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi kedua adalah mencegah kotoran masuk ke pentil. Debu atau air yang masuk ke pentil ban dapat merusak katup. Mereka bisa menimbulkan korosi yang menyebabkan katup bocor.

Ada tutup pentil ban berbahan metal. Bagian bodi dari logam sedang di dalamnya terdapat seal karet yang berguna menyumpal rapat lubang masuknya udara di pentil ban. Kotoran dan air pun bisa ditangkal dengan baik olehnya.

Jenis ketiga adalah tutup pentil ban dengan indikator tekanan angin ban. Bila indikatornya menyala hijau berarti tekanan anginnya normal. Jika warna kuning muncul tandanya tekanan angin berkurang. Bila merah, ban tidak aman untuk dikendarai.

Terdapat juga tutup pentil ban dengan fungsi dekoratif. Tujuan utamanya sebagai kosmetik yang mempercantik tampilan mobil. Modelnya macam-macam, dari kepala tengkorak, bola basket, dadu dan lain lain.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger