FUNGSI SEGITIGA PENGAMAN MOBIL

Sabtu, 27 September 20140 komentar



Segitiga pengaman mobil adalah tanda darurat mobil yang biasanya diletakkan di depan atau belakang mobil saat mobil sedang parkir dalam keadaan darurat, fungsi segitiga pengaman ini adalah sebagai rambu/ tanda peringatan kepada pengendara lain yang akan melintasi jalan agar lebih hati-hati dan waspada karena ada mobil mogok di depan.

Segitiga pengaman mobil ini biasanya dipasang di 2 sisi yakni di depan dan belakang mobil, untuk jaraknya tergantung pemasang (asalkan nyaman untuk dilihat). Biasanya untuk jalan lurus pemasangan segitiga pengaman ini paling dekat adalah 3 meter sedangkan jarak ideal adalah 10-20 meter. Untuk jalan berliku-liku usahakan pemasangan segitiga pengaman ini berada paling tidak sebelum tikungan, untuk jalan berliku ini jarak maksimal yang digunakan bisa sampai 100 meter dari mobil yang berada dalam kondisi darurat (perbaikan/ kecelakaan) tersebut.

Mengganti segitiga pengaman dengan benda-benda (misalnya batu bata) yang dibentuk segitiga adalah sangat tidak efektif dalam memberikan tanda darurat pada pengendara lain karena selain bentuknya yang kecil, warna juga tidak terlihat. Gunakan benar-benar segitiga pengaman yang dibeli di bengkel mobil  dan pilihlah yang berkualitas.

Segitiga pengaman mobil biasanya terbuat dari plastik berbentuk segitiga, berwarna merah kombinasi putih (cenderung merah) dengan ukuran sisi-sisinya kurang lebih 30 sampai 40 cm. Segitiga pengaman ini bisa dibeli di bengkel-bengkel mobil/ aksesoris mobil/ sparepart mobil. Harganya cukup murah antara 20 sampai 50 ribu rupiah untuk yang murah.

Pilihlah segitiga pengaman mobil yang cukup bagus sehingga akan memaksimalkan fungsi dari rambu/ tanda darurat ini, kriteria segitiga pengaman yang bagus :

* biasanya memiliki warna yang cukup nyaman dipandang dengan kualitas cat yang bagus (tidak terlalu kontras)

* mampu menyala saat terkena sinar lampu mobil (terutama malam hari), ini sangat penting

* memiliki ukuran yang relatif besar sehingga mudah terlihat

* material yang digunakan cukup baik (dari besi) atau plastik yang kokoh

* saat ini banyak segitiga pengaman yang sudah dilengkapi dengan lampu LED yang menyala di malam hari (tidak membutuhkan sorot lampu dari kendaraan lain untuk menyala), menggunakan segitiga dengan LED sangat baik untuk keselamatan kita

Selalu membawa segitiga pengaman dalam perjalanan akan bermanfaat untuk keselamatan kita saat berada dalam keadaan darurat, tempatkan bersama toolkit agar tidak ribet dalam membawanya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger