Polsek Piyungan Lakukan Pengamanan Kirab Jodang Merti Dusun Kring Bintaran

Senin, 31 Juli 20230 komentar

 

Personel Polsek Piyungan beserta relawan dari RAPI, FPRB dan Banser melaksanakan pengamanan rute Kirab Jodang Kenduri Merti Dusun di Dusun Kring Bintaran, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu (16/7/2023) siang.

Dalam pengamanan tersebut dipimipin oleh Pawas Iptu Rudianto SH MH yang dilakukan sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab dan di lokasi upacara Merti Dusun di Jalan Baru kawasan Industri, Payak.

Selain disaksikan warga masyarakat sekitar, acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Bantul Nur Yuni Astuti S.Sos S.H dan Mahmudin SE, Panewu Piyungan Muhammad Barried S.Sos MM, Lurah Srimulyo Drs. Wajiran, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimulyo Bripka Suwarno, Babinsa Serka Gunadi dan Pamong Kalurahan SrimulyoE.

Ediana selaku Ketua Panitia Merti Dusun mengucapkan terima kasih kepada tamu dan warga masyarakat undangan yang  telah hadir pada acara Kirab Jodang Merti Dusun Kring Bintaran.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang telah hadir dalam kegiatan kirab Jodang Merti Dusun ini, yang mana kegiatan ini beberapa lama tidak digelar karena adanya pandemi Covid-19,” tuturnya.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara Merti Dusun Kring Bintaran ini berjalan lancar, baik turnamen bola voli, jalan sehat, pengajian, hiburan masyarakat seperti jahilan dan hari ini puncaknya Kirab Jodang dan Kenduri, serta nanti malam pagelaran wayang kulit,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Panewu Piyungan Muhammed Barrier menyampaikan apreasinya atas digelarnya kegiatan tersebut.

“Kegiatan Merti Dusun adalah suatu kegiatan budaya luhur yang harus kita lestarikan, karena kegiatan ini sudah menjadi turun temurun dari nenek moyang kita. Dan Alhamdulilah, Kring Bintaran sudah melaksanakan kegiatan tersebut dengan sangat meriah,” ujar Panewu Piyungan.

"Selain melestarikan budaya, kegiatan ini juga sebagai wujud gotong royong, kerukunan dan kebersamaan warga sehingga akan tetap terjaga persatuan dan kesatuan,” tambanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama dan kenduri, serta pembagian sedekah kepada warga masyarakat. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger