Wakpolres Bantul Hadiri Upacara Penutupan TMMD Reguler 119 TA 2024

Rabu, 27 Maret 20240 komentar

 

Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM beserta Kapolsek jajaran mengikuti upacara penutupan TMMD Reguler 119 TA 2024 di lapangan Banjarharjo 1, Muntuk, Dlingo, Bantul, Rabu (20/3/2024).

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, SIP M.Si memimpin upacara tersebut.

Hadir di antaranya Danrem 072 Pamungkas, Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar SH M.Si dan Dandim 0729 Bantul Letkol Inf. Muhidin SH MIP, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Forkopimkap, jajaran TNI lingkup Kodim 0729 Bantul.

Penutupan TMMD ke-119 ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama TNI dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Adapun lokasi TMMD tahun 2024 ini adalah di Dusun Tangkil, Kalurahan Muntuk dan Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Ada 6 pembangunan sasaran fisik antara lain, pembuatan jembatan, talud, drainase, rehab RTLH, rehab mushola dan pipanisasi ke rumah-rumah warga serta pembangunan bak penampungan air.

Dalam kesempatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan SIP M.Si membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi SIP M.Si bahwa program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu program bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil.

Dikatakan, TNI dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati/Walikota beserta OPD terkait, unsur Polri setempat, unsur TNI lainnya dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024," ucapnya.

Lebih lanjut, disampaikan kembali tentang tema TMMD Reguler ke-119 tahun 2024 kali ini yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada program tahap I TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-119 di beberapa Kabupaten antara lain Kabupaten Pati, Bantul, Sragen, dan Purbalingga.

Selain empat kabupaten tersebut, lanjutnya, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihakyang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD, yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur di antaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembuatan talud, pembangunan jembatan, Pos Kamling, dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu," tuturnya.

Disamping sasaran pembangunan fisik dan non fisik tersebut, kegiatan TMMD kali ini juga mengerjakan tugas-tugas yang diselaraskan dengan program unggulan, seperti ketahanan pangan, pertanian terpadu atau pertanian terintegrasi seluas min 200 Ha, Urban Farming, rehab rumah dan MCK, TNI AD Manunggal Air, percepatan penurunan stunting, Posyandu, Posbindu, PTM (Penyakit Tidak Menular), penanaman pohon, pembersihan sungai, pembersihan pasar, rehab tempat ibadah dan pembangunan gudang penyimpanan hasil pertanian.

Sementara itu, setelah kegiatan upacara penutupan TMMD tersebut diadakan screening kesehatan, baksos dan bazar murah untuk masyarakat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger