Kapolda DIY Gelar Jumat Curhat bersama Warga Kasihan Bantul

Kamis, 11 Juli 20240 komentar

 

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan SIK MH bersama dengan beberapa PJU Polda DIY dan Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK bertatap muka langsung dengan masyarakat dalam acara 'Jumat Curhat' yang digelar di Kasihan, Bantul, Jumat (5/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Pokdarkamtibmas, Ketua RT, serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Kapolda DIY menyampaikan apresiasinya terhadap peran aktif masyarakat dalam menjaga kamtibmas.

Harkamtibmas tercapai karena peran semua elemen masyarakat, termasuk Pokdarkamtibmas dan Jaga Warga. Situasi aman ini menjadi investasi yang baik bagi Yogyakarta ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kapolda DIY memberikan gambaran umum mengenai situasi keamanan di Yogyakarta, menyoroti penurunan angka kriminalitas serta peningkatan ekonomi daerah.

“Prestasi itu tak dapat terwujud, jika tanpa dukungan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, Yogyakarta adalah daerah dengan peradaban yang tinggi, sebab masyarakat DIY mampu menjaga kondisi kamtibmas dengan baik.

“Yogyakarta dianggap sebagai daerah dengan tingkat peradaban yang tinggi, sehingga mampu menjaga stabilitas keamanan dengan baik,” ujarnya.

Kapolda DIY juga menjelaskan, kondisi kamtibmas yang kondusif bukan hanya sekadar kebutuhan. Di Yogyakarta hal itu sudah menjadi investasi.

“Di Yogyakarta ini tidak punya tambang, tidak punya kebun sawit. Penggerak utamanya adalah sektor pariwisata dan pendidikan. Sebab itu, keamanan bukan hanya keharusan tapi investasi,” katanya.

Masyarakat yang hadir juga menyampaikan berbagai pertanyaan dan masukan. Salah satunya dari Ketua Pokdarkamtibmas Sri Suharyadi, dia berharap dapat dilibatkan lebih aktif dalam kegiatan pengamanan Pilkada mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda DIY memastikan bahwa Pokdarkamtibmas akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada, seraya menegaskan pentingnya sikap netral dalam pelaksanaan pengamanan tersebut.

Keluh kesah juga disampaikan Murjiyem salah satu Ketua RT setempat, dirinya menanyakan tentang penanganan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan peran Jaga Warga.

Kapolda DIY menjelaskan bahwa razia terhadap knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis akan terus dilakukan hingga masalah ini tuntas.

Di akhir acara, Kapolda DIY berharap acara ‘Jumat Curhat’ ini menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara masyarakat dan kepolisian, guna mewujudkan Yogyakarta yang lebih aman dan tertib.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger