KAPOLRES BANTUL HADIRI GIAT KUNJUNGAN MENTRI KOPERASI DAN UMKM DI KASONGAN

Rabu, 16 Mei 20120 komentar



   Kapolres Bantul AKPB Dra Dewi Hartati bersama Muspida Bantul hadiri giat kunjungan kerja Mentri Koperasi dan UMKM Dr Syarif Hasan, MM, MBA di kasongan Kasihan Bantul pada hari Selasa tanggal 15 Mei 2012 pukul 12.00 Wib. Kunjungan ini dalam rangka  pengembangan  produk unggulan melalui pendekatan One Village One Product (OVOP) yang merupakan salah satu model kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan produk unggulan yang memiliki ciri khas suatu daerah, keterampilan turun temurun, sumber daya alam yang hanya ada di suatu tempat, dan memiliki potensi pasar lokal maupun ekspor. Hadir dalam kegiatan ini adalah Muspida Bantul, muspika Kasihan, seluruh camat sekabupaten Bantul , Pamong Desa Kasongan, perajin gerabah dan para tamu undangan.
   Melalui pendekatan OVOP, produk unggulan Kasongan, yaitu Gerabah ditunjuk melalui koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai salah satu rintisan pengembangan produk unggul daerah di Provinsi DIY. Di provinsi DIY, ditunjuk 2 koperasi pelaksana, yaitu KSU Jatirogo dari Kabupaten Kulonprogo dengan produksi gula semut dan Koperasi Kasongan Usaha Bersama di Bantul
   Menteri Koperasi dan UKM berharap produk-produk yang di-launching merupakan produk-produk unggulan desa yang dikelola oleh koperasi sehingga dapat memberi kesejahteraan pada anggotanya dan masyarakat. Dengan demikian penguatan ekonomi dapat dibangun dari desa-desa.
   "Dengan banyaknya keunggulan dan manfaat suatu produk, diharapkan akan menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Bantul. Saya percaya Bantul dapat mengejar ketertinggalannya, salah satunya melalui koperasi," tutur Syarifudin Hasan memberi dorongan.
   Menurut Syarifudin Hasan, salah satu kelemahan yang harus disempurnakan para produsen adalah kurangnya kreatifitas dalam membuat produk mereka. Untuk produk Gerabah, Kementerian Koperasi akan membantu memberikan pelatihan produksi Gerabah supaya menjadi unggulan di pasar global.
   Acara tersebut ditutup dengan pemberian bantuan kredit bagi para UKM/Koperasi dan   diluncurkannya Launching Pengembangan Produk Unggulan dengan Pendekatan OVOP oleh Menteri Koperasi, UKM disaksikan oleh Muspida dan para tamu undangan. Selanjutnya Syarifudin Hasan meninjau produk koperasi/UKM yang berupa kerajinan Gerabah yang beraneka ragam bentuknya. Humas
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger