KAPOLSEK SEWON MEMBERIKAN MATERI EMPAT PILAR KEBANGSAAN PADA MOS SISWA BARU SMK II SEWON

Senin, 16 Juli 20120 komentar


Kapolsek Sewon Kompol Fajar Pamuji, SH sebagai nara sumber
Kapolsek Sewon memberikan materi 4 pilar kebangsaan

Ketika sebuah sekolah terasa aman dan nyaman, maka akan diperoleh suasana pembelajaran yang menyenangkan. Ketika suasana telah menyenangkan, maka segudang prestasi akan muncul. Prestasi akan mencuat ke permukaan ketika para siswa telah mengenal budaya sekolahnya. Sekelumit kata pembuka dari Kapolsek Sewon Kompol Fajar Pamuji, SH pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2012 jam 10.30 Wib, dalam kegiatan MOS Siswa baru SMK II Sewon yang beralamatkan di Dsn. Cangkringmalang Timbulharjo Kec. Sewon Kab. Bantul. 

Siswa baru SMK II Sewon yang berjumlah 160 siswa putra dan putri tersebut mendapatkan penyuluhan dan atau pembinaan dari Kapolsek Sewon Kompol Fajar Pamuji, SH dengan materi “ Empat Pilar Kebangsaan sebagai Pembangkit semangat Persatuan bangsa“

Menurut Kapolsek Sewon, eksistensi Negara Republik Indonesia (NKRI) akan semakin kokoh seiring dengan terjadinya penguatan karakter bangsa. Karakter bangsa itu bersumber dari empat pilar kebangsaan yang telah menajadi landasan pokok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar kebangsaan Yakni Dasar Negara Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat pilar ini  telah menjadi kunci dalam mengelola keutuhan bangsa Indonesia. Pilar-pilar negara ini juga yang membuat bangsa kita disegani oleh bangsa-bangsa lain. Karena pilar-pilar bangsa ini menjadi dasar dalam mengelola negeri yang terdiri dari tebaran pulau dan kepulauan yang berjumlah sekitar 17.000 pulau dan sedikitnya 500 suku dan jumlah penduduk mencapai 237,6 juta jiwa.

Kompol Fajar Pamuji, SH menambahkan Ibarat Negara kita Indonesia itu rumah atapnya yang disangga atau ditopang dengan 4 (empat) tiang pokok ( Pilar ), bila tiang atau pilarnya tersebut roboh satu atau dua, dan atau semuanya pasti rumah tersebut akan roboh. Pancasila, UUD45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI adalah produk “Empat Pilar Kebangsaan” genuine Bangsa Indonesia. Kebanggaan itu harus menggema di seluruh hati sanubari anak bangsa, agar dengan ikhlas mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari untuk kepentingan tujuan nasional, bukan untuk kepentingan kelompok, bukan untuk kepentingan sesaat, bahkan bukan untuk kepentingan pribadi. Penegakan “Empat Pilar Kebangsaan” adalah kerja keras dan bukan slogan semata, yang dapat dilihat hasilnya berupa perwujudan masyarakat sejahtera lahir dan bathin, jika hal itu belum terwujud jangan kita nodai penegakkan “Empat Pilar Kebangsaan” dengan rasa bangga yang semu. Mari kita bersama membuktikan bahwa “Empat Pilar Kebangsaan” adalah kebanggaan Bangsa Indonesia melalui perwujudan lingkungan apapun yang membuat kita lebih berwelas asih, lebih masuk akal, lebih bebas berpikir, lebih mencintai, lebih memiliki rasa kemanusiaan, lebih bertanggung jawab, dan lebih etis.

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri II Sewon, kegiatan pembinaan tersebut diharapkan dapat Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal, juga dapat menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger