KAPOLRES BANTUL BERSAMA KOMPOL NGADIMAN LAKSANAKAN PATOLI CEK POS KAMLING DI DUSUN JATEN PAJANGAN

Kamis, 23 Mei 20130 komentar



Rabu, 22 Mei 2013 pukul 22.00 wib, Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati beserta Subdit Polmas Dit Bimas Polda DIY Kompol Ngadiman, Kompol Sukarmin, Kasat Bimas Polres Bantul AKP Muryanto dan Kasipropam Polres Bantul Iptu Rapiqoh melaksanakan giat Patroli Cek Pos Kamling dan Sambang Desa Dk Jaten RT 03 dan 04 Sendangsari Pajangan Bantul

Kapolres Bantul dan rombongan saat tiba disambut oleh oleh Camat Pajangan Drs. Susanto, Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo,  Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Kepala Dukuh Jaten, tokoh dan warga masyarakat pedukuhan Jaten

Dalam acara tersebut dilakukan peragaan simulasi penangkapan pencuri yaitu warga yang melaksanakan ronda di Poskamling menangkap seorang pencuri kemudian dilakukan cara-cara penanganan pertama dan penyerahan maling tersebut berikut barang bukti dan saksi ke Polisi untuk dilakukan pengusutan lebih lanjut.

Kapolres Bantul dalam kesempatan menyampaikan bahwa peragaan simulasi ini dilakukan untuk membekali warga dalam menghadapi kemungkinan adanya peristiwa pencurian di desa setempat. Kegiatan simulasi pengamanan dalam penangkapan pencuri penting sekali di ketahui oleh masyarakat umum untuk mencegah tindak main hakim sendiri terhadap pelaku yang tertangkap. Warga wajib melapor ke aparat kepolisian setempat untuk penanganan proses hukum lebih lanjut.

Kapolres menghimbau agar kegiatan ronda malam terus ditingkatkan untuk menciptakan situasi yang kondusif, kita jangan lengah karena tindak kejahatan bisa muncul kapan saja.
Kapolres juga menyampaikan keberhasilan Polsek Sewon dalam mengungkap Sindikat Curanmor dengan barang bukti puluhan sepeda motor beberapa hari yang lalu, dengan kejadian tersebut warga masyarakat diharapkan agar berhati-hati dalam memarkir dan meninggalkan kendaraannya, jadilah Polisi untuk dirinya sendiri.

Sehubungan dengan angka lakalantas di wilayah Bantul tinggi yang korbanya rata rata didominasi oleh remaja maka Kapolres Bantul menghimbau kepada para orang tua untuk melarang putra-putrinya yang belum memenuhi persyaratan untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor.

Penanganan para pelajar setingkat SMP dan SMA yang berangkat kesekolah dengan mengendarai sepeda motor sudah disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bantul dan para kepala sekolah se Kab. Bantul.

Khusus hari sabtu malam minggu agar para orang tua mengawasi putra-putrinya karena beberapa waktu yang lalu Ibu Kapolres menangkap langsung pasangan muda-mudi yang sedang mojok, kemudian Beliau membawa pasangan tersebut ke Polsek dan memanggil orang tuanya untuk membuat surat pernyataan.

Dalam hal penyelesaian permasalahan di masyarakat diharapkan kepada masyarakat untuk diselesaikan secara kekeluargaan dengan menggunakan hati nurani terlebih dahulu sebelum dilaporkan kepada pihak Kepolisian. Begitu juga untuk penyelesaian permasalahan ditingkat kepolisian secara prespektif dahulu (musyawarah mufakat) apabila mengalami kendala baru diambil langkah-langkah hukum.

Kapolres Bantul senang dan siap untuk diundang oleh masyarakat serta akan hadir selama tidak terbentur dengan acara di Polda maupun Satuan. Beliau juga memberikan nomor Hpnya 087875477091 bila mana masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan dan informasi, Beliau selalu siap membantu karena  keberhasilan tugas dan tanggung jawab Polri tidak akan sukses tanpa adanya komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan masyarakat.

Kemudian acara di lanjutkan dengan tanya jawab, Bapak Sudio menanyakan kepada Kapolres Bantul mengenai prosedur untuk meminta diadakan penyuluhan mengenai narkoba ke sekolah-sekolah dan langsung dijawab oleh Ibu Kapolres Bantul “silahkan Bapak mengirim permohonan tersebut kepada saya dan saya akan memerintahkan Kasat Narkoba untuk memberikan penyuluhan tersebut”.

Bapak Pono menanyakan berapa ketentuan umur untuk memperoleh SIM, Beliau menjawab sesuai UU No. 22 Tahun 2009 batasan umurnya adalah 17 tahun.

Bpk. Daljiri meminta kepada Ibu Kapolres untuk program Patroli Sentuh dan Dialogis yang selama ini dilaksanakan oleh Polsek Pajangan agar terus ditingkatkan sehingga hubungan komunikasi dan kemitraan Polri dengan warga masyarakat lebih erat dan sinergis, Beliau menanggapi dengan senang hati dan akan memerintahkan kepada jajarannya untuk meningkatkan giat tersebut sesuai dengan permintaan masyarakat.

Pelaksanaan acara tersebut diikuti oleh warga Dk. Jaten RT 03 dan 04 kurang lebih  30 orang dan berjalan dengan aman dan tertib hingga selesai acara.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger