POLRES BANTUL GELAR APEL OPS KETUPAT PROGO 2013 DI LAP. TRIRENGGO

Kamis, 01 Agustus 20131komentar



Sekitar Ratusan aparat gabungan dari unsur Polri,TNI, Dishub, Pemadam, Pramuka dan Instansi terkait mengikuti apel gelar pasukan di Lapangan Trirenggo Bantul pada hari Kamis tanggal 01 Agustus 2013. Apel gelar pasukan ini merupakan bagian dari persiapan Operasi Terpusat Ketupat Progo 2013 di wilayah Bantul.

Apel gelar pasukan ini dimulai sekira pukul 08.30 Wib, tidak hanya personel yang hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah mobil dari masing-masing kesatuan seperti mobil lantas, Sabhara, Dishub, barisan motor besar dan mobil dinas pemadam kebakaran juga dihadirkan dalam giat tersebut.

Dalam sambutan dari Kapolri, Bupati Bantul selaku irup pada apel tersebut mengatakan gelar pasukan ini merupakan salah  satu kegiatan dalam tahapan proses manajerial yang harus dilaksanakan, dalam rangka mengecek kesiapan akhir personel polri peserta instansi terkait dan segenap potensi masyarakat beserta kelengkapannya, sebelum diterjunkan   ke lapangan.

Melalui  pengecekan ini diharapkan, rencana yang telah dipersiapkan dengan matang, dapat diimplementasikan secara baik dan semakin memperkuat sinergitas kerjasama seluruh stake  holders, sehingga kesuksesan penyelenggaraan operasi ketupat guna terwujudnya rasa aman, nyaman dan kondusif  pada perayaan  Idul Fitri 1434 H dapat tercapai.

Dalam perayaan hari raya Idul Fitri, selalu ditandai dengan meningkatnya aktivitas di pusat perbelanjaan, tempat  ibadah dan tempat rekreasi. selain itu, terdapat pula tradisi    mudik yang  diprediksi akan mendorong peningkatan mobilitas manusia, kendaraan dan barang. Aktivitas tersebut berimplikasi pada munculnya berbagai potensi kerawanan, baik dari segi kriminalitas maupun kamseltibcar lantas.

Oleh karena itu, guna menjamin keamanan dan keselamatan  pada kegiatan tahunan ini, Polri didukung kekuatan TNI, instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, menggelar operasi  ”ketupat - 2013”, selama 16 (enam  belas) hari, denganmengedepankan kegiatan pre-emtif, preventif dan penegakan hukum. Pengamanan ini mengutamakan tindakan pencegahan, yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Melalui operasi ini, diharapkan dapat terwujud kondisi kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman, ditandai dengan berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas, korban meninggal dunia, titik kemacetan, serta lancarnya arus lalu lintas, khususnya pada saat arus mudik dan arus balik. Di samping itu, situasi kamtibmas yang kondusif  hendaknya terus ditingkatkan, ditandai dengan tidak terjadinya kejahatan yang menonjol dan meresahkan masyarakat, serta turunnya angka kriminalitas dibandingkan dengan pelaksanaan “operasi ketupat” tahun lalu.

Pada pelaksanaan operasi “ketupat tahun 2012”, ada beberapa gangguan kamtibmas yang perlu menjadi perhatian serius dari kita semua. Di bidang kriminalitas, yaitu pencurian di rumah kosong, perampokan terhadap nasabah bank dan pegadaian, serta sweeping oleh kelompok tertentu, sedangkan untuk kamseltibcar lantas adalah tingginya angka kecelakaan yang didominasi oleh kendaraan roda dua, masih adanya perbaikan jalan dan jembatan, aktivitas masyarakat di pasar tumpah, keluar masuknya kendaraan pada rest area, rumah makan, masjid, pom bensin, yang menimbulkan kemacetan, serta adanya antrian panjang pada pelabuhan kapal laut. Potret gangguan kamtibmas di atas, selama     pelaksanaan “operasi ketupat - 2013” diprediksi masih akan terjadi. Hal ini tentu menjadi bahan kajian dan pembelajaran bagi kita semua, agar pelaksanaan operasi tahun ini dapat mengantisipasi dan mengeliminir seluruh potensi gangguan secara optimal.

Guna merealisasikan hal tersebut, polri telah melakukan perencanaan pengamanan yang bersinergi dengan instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat, untuk bersama- sama mencari solusi berbagai permasalahan yang terjadi pada tahun 2012, sehingga pada “operasi ketupat  2013” ini, permasalahan tersebut tidak terjadi lagi.

Berbagai langkah terobosan yang akan diterapkan, antara lain pengerahan secara all out personel Polri, baik operasional maupun staf, untuk hadir di tengah masyarakat memberikan rasa aman dan nyaman.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan Amin, S.IK, MH mengatakan bahwa gelar pasukan ini merupakan bagian dari pengecekan pasukan yang akan terjun dalam Operasi Ketupat 2013. Rencananya operasi tersebut akan dilaksanakan selama 16 hari terhitung mulai 2 hingga 17 Agustus 2013, Jelasnya.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger