KASUS PENGANIAAYAAN WARGA DUKUH KAYEN PAJANGAN SELESAI DENGAN PERDAMAIAN

Minggu, 22 September 20130 komentar



Bertempat di Ruang Binmas Polsek Pajangan diadakan musyawarah penyelesaian permasalahan penganiayaan warga Dk Kayen RT 06 Sendangsari Pajangan Bantul, Kamis, 19 September 2013 jam 08.00 Wib.

Kejadian penganiayaan berawal ketika korban Sdr. Barusanto (19 tahun) alamat pedukuhan Kayen RT 05, Sendangsari, Pajangan, Bantul, memandang dengan sinis terhadap pelaku Sdr. Ngadiman (34 tahun) tetangga korban, merasa tidak terima kemudian menganiaya korban dengan cara dipukul dan ditendang, karena tidak terima kejadian dilaporkan ke Polsek pajangan.

Karena harus berdasar prosedur, tindakan yang diambil oleh pihak kepolisian adalah menerima dan membuat laporan polisi. Begitu juga saat mendatangi TKP, membuat Berita Acara TKP, dan membuat permohonan Visum dari dokter, serta menindaknya lebih lanjut.

Namun, masih ada alternatif lain untuk menyelesaikan kasus tersebut yaitu dipilihlah Alternative Dispute Resolution sebagai rangkaian proses yang bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan antara kedua pihak tersebut.

Maka selanjutnya Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana atas izin Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo memanggil para pihak yang bertikai, saksi dan Kepala Dukuh Kayen Bpk. Rusmidi untuk diadakan musyawarah menyelesaikan kasus tersebut dengan cara kekeluargaan.

Setelah melakukan musyawarah, akhirnya kedua belah pihak yang saling bersiteru melakukan perdamaian. Kedua belah pihak kemudian saling berjabat tangan dan maaf memaafkan. Secara administratif, mereka juga membuat pernyataan secara tertulis yang disaksikan langsung oleh polisi dan hadirin.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari, musyawarah tersebut dilakukan untuk mencegah permasalahan tersebut tidak melebar menjadi konflik sosial dikemudian hari.

Bripka Tetepana berpesan kepada kedua belah pihak agar nantinya setelah kejadian ini mereka tetep akur dan saling tolong menolong dan hilangkan rasa dendam diantara kedua belah pihak.

Hingga berakhirnya kegiatan musyawarah penyelesaian penganiayaan warga Dukuh Kayen, situasi dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger