MENGAPA KAMPANYE DALAM RANGKA PEMILU LEGISLATIF HARUS DIAMANKAN ?

Kamis, 27 Maret 20140 komentar



Mengapa kampanye dalam rangka pemilu legislatif harus diamankan?

Untuk memahami pertanyaan tersebut, terlebih dahulu harus kita fahami bahwa Pesan dari kampanye adalah penonjolan ide bahwa sang kandidat atau calon ingin berbagi dengan pemilih.Sebagian besar strategis kampanye menjatuhkan kandidat atau calon lain yang lebih memilih untuk menyimpan pesan secara luas dalam rangka untuk menarik pemilih yang paling potensial. Sebuah pesan yang terlalu sempit akan dapat mengasingkan para kandidat atau calon dengan para pemilihnya atau dengan memperlambat dengan penjelasan rinci programnya. Kegiatan tersebut dinamakan juga dengan Kampanye politik, yaitu sebuah upaya yang terorganisir bertujuan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dan kampanye politik selalu merujuk pada kampanye pada pemilihan umum.

Pemilu legislatif adalah jantung dari pesta demokrasi dalam rangka berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mencapai cita–cita negara yang makmur dan sejahtera. Kegagalan dalam pemilu legislatif tentu akan menjadi petaka bagi bangsa kita.

Kita ketahui bahwa para calon anggota DPR, DPD dan DPRD yang akan dipilih dan supaya terpilih tentu harus menonjolkan Visi, Misi dan program – program unggulan dengan berbagai strategi dan teknik pemenangan. Seorang calon legislatif yang unggul dan cerdas tentu akan menggunakan cara – cara yang elegan.

Sebaliknya calon yang hanya bertujuan untuk mencapai tujuan melalui segala cara (bisa dengan cara yang salah), tentu akan menjadi sumber gangguan terjadinya konflik atau gesekan dengan calon lainnya. Demikian pula dengan masyarakat yang akan menjadi simpatisan salah satu caleg harus lebih cerdas dalam menilai calon yang akan dipilihnya, tidak terprovokasi dengan cara-cara yang tidak elegan dan melanggar aturan. Sehingga masyarakat tidak larut didalam konflik yang terjadi sebagai akibat dari persaingan untuk menjadi anggota Legislatif.

Oleh karena itu keberadaan Polri sebagai institusi yang telah diberi tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi tersebut harus melakukan berbagai upaya, sehingga konflik yang timbul sebagai dampak dari berbagai gesekan politik dari para calon anggota legislatif dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Namun salah satu hal terpenting adalah kedewasaan warga masyarakat dalam mencermati adanya perbedaan dalam masa kampanye. Konflik kepentingan dan perbedaan ide akan selalu ada selama masa kampanye, namun ketika perbedaan itu diakui dan disadari oleh warga masyarakat sebagai sesuatu yang harus ada dalam demokrasi, maka disitulah masyarakat telah memenangkan pesta demokrasi ini.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger