RAPAT KOORDINASI TINGKAT DESA TAMANTIRTO BIDANG TRANSMIGRASI

Jumat, 21 Maret 20140 komentar



Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Bripka Ari Dwi Purnomo menghadiri rapat Koordinasi Tingkat Desa Bidang Transmigrasi oleh Dinas Nakertrans Kabupaten Bantul pada hari Kamis, 20 Maret 2014 pukul 09.00 wib di aula Balai Desa Tamantirto.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tingkat Desa Bidang Transmigrasi dihadiri oleh Ibu Endang perwakilan Dari Dinas Nakertrans, Babinsa Tamantirto Yudiman, staff Dinas Nakertrans Kabupaten Bantul dan tamu undangan.

Materi yang disampaikan adalah mengenai tujuan transmigrasi, hak-hak transmigran, mekanisme pelaksananaan trnasmigrasi, gambaran di tempat transmigrasi dan tempat-tempat yang menjadi tujuan pelaksanaan transmigrasi.

Dalam kesempatan ini Ibu Endang menjelaskan Transmigrasi adalah pemindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain di wilayah Republik Indonesia untuk tinggal menetap dalam rangka pembentukan masyarakat baru serta untuk membantu pembangunan daerah, baik daerah asal maupun daerah transmigrasi dalam rangka pembangunan nasional.

Target penempatan transmigrasi tahun 2014 yaitu Propinsi Sumatera Selatan, Propinsi Kalimantan Barat, Propinsi Sulawesi Tenggara, Propinsi Bangka Belitung. Permasalahan pokok yang dapat diatasi melalui program Transmigrasi yaitu masalah kepadatan penduduk didaerah asal dapat diatasi (dikurangi) dan di daerah Transmigrasi masalah kekurangan penduduk dapat diatasi melalui penempatan Transmigan untuk mengolah lahan pertanian yang cukup luas.

Melalui program Transmigrasi tenaga kerja di desa / kota yang menganggur di daerah asal dapat disalurkan sebagai tenaga kerja produktif di daerah Transmigrasi dalam rangka pembangunan daerah baru. Melalui program Transmigrasi dapat diciptakan lapangan kerja baru di sector pertanian / perkebunan dan perikanan, sehingga secara otomatis Transmigrasi dapat meningkatkan penyediaan pangan secara Nasional serta dapat meningkatkan Export non migas.

Diharapkan kepada para hadirin dapat menjelaskan kepada warganya tentang transmigrasi ini, semoga program ini dapat menarik minat para Kepala Keluarga di wilayah Desa Tamantirto untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik.  (Sihumas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger