PENGAMANAN PENTAS WAYANG KULIT PUNCAK ACARA MERGI DUSUN TRUCUK PAJANGAN

Sabtu, 17 Mei 20140 komentar


Ka SPKT Polsek Pajangan Aiptu Suharna memimpin pelaksanaan pengamanan pagelaran wayang kulit semalam suntuk puncak acara Mergi Dusun Trucuk Triwidadi Pajangan Bantul bertempat di halaman rumah Bpk. Sukiran Edi Purnomo Dk Trucuk RT 03 Triwidadi Pajangan, Rabu, 14 Mei 2014 jam 21.00 WIB.

Lakon yang dimainkan berupa Gathotkoco Sungging yang dimainkan oleh Ki Dalang Sudiono dari Turi Sleman dan dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Bantul Bpk. Agus Subagyo dan Bpk Widodo, Bpk. Joko Nur Edi Purnomo, Kepala Seksi Sejarah Purbaka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto, Ketua LPMD Triwidadi Drs. Sukamtri, Kepala Dukuh Trucuk Bpk. Sajak Sunardi, para Kepala Dukuh Triwidadi, Warga Dukuh Trucuk dan sekitarnya dan karang Taruna Dukuh Trucuk, jumlah ± 200 orang.

Kepala Dukuh Trucuk Bpk. Sajak Sunardi pada kesempatan tersebut menyampaikan laporannya bahwa rangkaian kegiatan Mergi Dusun Trucuk Triwidadi diawali dengan benatuan sosial kepada 40 warga tidak mampu, umbul dongo pamuji (Doa Bersama), Kirab Budaya dan pada puncaknya pagelaran wayang kulit ini.

Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto mewakili warga pedukuhan Trucuk menyampaikan sambutannya bahwa kegiatan Mergi Dusun Trucuk bertujuan untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan para leluhur. Potensi-potensi pedukuhan trucuk seperti penambangan pasir, bidang pertanian dan bidang lainnya ditampilkan pada acara Mergi Dusun Trucuk ini.

Ia mengharapkan doa dari seluruh hadirin dengan serangkaian kegiatan mergi dusun Trucuk ini Allah SWT menurunkan berkah keselamatan, menjauhkan bala bencana, dapat mengangkat kesejahteraan warga pedukuhan Trucuk Triwidadi Pajangan Bantul.

Terakhir Ia mengingatkan kepada warga Pedukuhan Trucuk dan warga Pedukuhan lainnya di Desa Triwidadi dapat membayar Pajak tepat pada waktunya sebelum jatuh tempo pada tanggal 30 Agustus 2014 Tahun ini.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Camat Pajangan yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosial berupa bantuan sembako terhadap 40 warga Pedukuhan Trucuk yang kurang mampu dapat ditiru oleh pedukuhan lainnya di wilayah Pajangan.

Pada Tahun ini untuk Demam berdarah diwilayah Pajangan tidak ada namun untuk gizi buruk laporan dari Puskesmas Pajangan terdapat 25 kasus. Pada Tahun ini pula akan dilakukan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di wilayah Pedukuhan Trucuk yang rencananya akan dimulai pada tanggal 21 Mei 2014, acara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Triwidadi (Kayuhan Kulon) untuk itu warga dan instansi terkait lainnya diminta partisipasinya menyukseskan kegiatan tersebut. Terakhir Ia mendoakan semoga dengan kegiatan ini Dusun Trucuk dan Desa Triwidadi dapat lebih toto tentrem, titi raharjo an kenikmatan semakin berlimpah.

Bpk. Joko dari Dinas Pariwisata Kab. Bantul menyampaikan sabutannya, bahwa kegiatan bersih dusun ini dapat menggalang persatuan dan kesatuan pemberdayaan bersama dan melestarikan kebudayaah nenek moyang kita.

Ananda Mahatma dari SDN Trucuk ikut festifal pagelaran dalang cilik se Kab. Bantul. Pada Minggu terakhir bulan ini kab. Bantul akan menjadi tuan rumah Reog Jathilan dan Reog Wayang yang akan diselenggarakan di Goa Cemara Sanden Bantul.

Terakhir Ia menyampaikan bahwa Desa Triwidadi sudah diajukan menjadi Desa Bina Budaya dan tinggal menunggu tanda tangan dari gubernur DIY.

Hingga selesainya pagelaran wayang kulit puncak acara Mergi Dusun Trucuk Triwidadiberakhir dalam keadaan aman kondusif.(Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger