SOSIALISASI PILPRES 2014 di BALAI DESA GUWOSARI PAJANGAN

Senin, 30 Juni 20140 komentar



Minggu, 29 Juni 2014 jam 20.30 WIB, Sebagian warga Desa Guwosari mendapat sosialisasi Pilpres 2014 dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Guwosari dan PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) Pajangan bertempat di Balai Desa Guwosari Pajangan. Bamin Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi melaksanakan pemantauan dan peliputan.

Acara dihadiri oleh Ketua PPS Desa Guwosari Bpk. Teguh Rahayu Slamet dan anggotanya, Ketua PPK Pajangan Bpk. Zandaru beserta anggotanya, Panwascam Pajangan Bpk. Mustofa, PPL (Pengawas Pemilu Lapangan) Bpk. Salam dan anggotanya, Kepala Dukuh Desa Guwosari dan Tokoh agama serta  Tokoh masyarakat Desa Guwosari, peserta sejumlah ± 50 orang.

Acara dibuka dan dilanjutkan sosialisasi Pilpres 2014  Desa Guwosari oleh Ketua PPS Desa Guwosari teguh Rahayu Slamet. Ia menyampaikan mengingat Pilpres 2014 yang sebentar lagi akan dilaksanakan yaitu pada tanggal 9 Juli 2014 maka perlu dilaksanakan sosialisasi ini. Hasil dari sosialisasi Pilpres 2014 nantinya agar  dapat di sampaikan kepada warga Desa Guwosari lainnya Bik pada saat pertemuan, atau pengajian di kampungnya sehingga harapan dari PPS warga masyarakat Desa Guwosari mengerti dan menggunakan hak suaranya, terhindar dari pelanggaran Pilpres 2014, suara batal / tidak sah, mengerti akan jadwal dan waktu pencoblosan sehingga Pilpres 2014 di Desa Guwosari berjalan tertib, aman, lancar dan tertib.

Pada kesempatan tersebut Ia menjelaskan mengenai dasar pelaksanaan Pilpres 2014, menjelaskan mengenai DPT (Daftar Pemilih Tetap),  Mengenai DPKTb menggunakan form A5 dan harus menggunakan KTP (Karta Tanda Penduduk) setempat KTP Guwosari ya harus mencoblos di TPS Desa Guwosari tidak boleh mencoblos di Desa lainnya. Mengenai waktu dan tempat pemungutan suara yaitu pada hari Rabu wage tanggal 9 Juli 2014 dimulai  jam 07.00 s/d 13.00 WIB, untuk anggota KPPS nantinya istirahat bergantian dan setelah jam 13.00 WIB acara langsung dilanjutkan dengan penghitungan suara. DPK singkatan Daftar Pemilih Khusus yaitu apabila pemilih belum terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka masuk dalam DPK. Sedangkan DPKtb singkatan Daftar Pemilih Khusus tambahan yaitu pemilih yang belum terdaftar di DPT dan DPK maka pemilih bisa menggunakan hak pilih di hari H dengan waktu pemungutan 1 jam sebelum pemungutan suara selesai dan dimasukkan dlm DPKtb, waktu untuk pemilihan DPK dan DPKTb yaitu pada jam 12 .00 WIB s/d 13.00 WIB dan harus menggunakan KTP Desa Guwosari (Disesuaikan dengan KTP tempat tinggalnya). Ketua KPPS dan anggitanya berjumlah menjadi 9 orang, posisi Linmas pada pintu masuk dan pintu keluar, pada waktu mencelupkan tinta tidak boleh di lap dan harus mengenai kuku jari tangan pemilih. Tugas KPPS No 4 (pintu masuk) akan mendapat tambahan tugas mengisi formulir C7, mengecek A.5 (undangan) dengan DPT dan memberi tanda, penandatangan daftar hadir dilaksanakan pada saat penyerahan surat suara sebelum mencoblos.

Kemudian Ketua PPK Bpk. Zandaru menanggapi pertanyaan dari masyarakat mengenai pemilih yang lanjut usia dan tidak bisa tanda tangan Ia menyampaikan bahwa nantinya dapat menggunakan cap jempol. Ia menambahkan mengenai model-model kampanye, tempat-tempat yang tidak boleh dipasang alat peraga kampanye (APK). Ia manambahkan Penggunaan form A5 dan KTP dilayani pada pukul 12.00 WIB s/d 13.00 WIB. Ia juga menjelaskan mengenai jadwal rekap penghitungan suara di tingkat PPS pada tanggal 10 – 13 Juli 2014, Tingkat PPK pada tanggal 13 – 15 Juli 2014, tingkat KPU Kab/Kota Tanggal 16-17 Juli 2014, KPU Provinsi tanggal 18 – 19 Juli 2014, KPU Pusat tanggal 20 – 22 Juli 2014 dan penetapan oleh KPU Pusat tanggal 21 – 22 Juli 2014.

Menurut ketua PPK Pajangan, Pelaksanaan Sosialisasi di Desa Triwidadi dan Desa Sendangsari Kec. Pajangan sudah dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2014 jam 20.00 WIB. Terakhir Ia mengharapkan dari sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan bagi peserta sosialisasi dan dapat di sampaikan kepada warga masyarakat lainnya pada pertemuan-pertemuan warga  di tempatnya. Ia menghimbau kepada para peserta agar dapat menciptakan situasi kondisi yang tertib dan aman baik sebelum, saat dan sesudah Pilpres 2014 sehingga Pilpres 2014 di Kec. Pajangan dapat sukses.

Hingga selesainya pelaksanaan sosialisasi Pilpres 2014 di Desa Guwosari Pajangan berakhir dalam situasi aman kondusif. (Sihumas Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger