MUDIK LEBARAN DAN REKONSILIASI INFORMAL NASIONAL

Selasa, 29 Juli 20140 komentar



Sebuah fenomena yang khas setiap tahun dari masyarakat Indonesia adalah tradisi mudik ketika akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, setelah satu bulan menjalankan Ibadan puasa.

Mudik merupakan suatu mobilitas untuk kembali ke kampung halaman, bertemu dan berkumpul dengan orang tua, keluarga dan sanak saudara. Baik yang berada di negara lain, di pulau lain, di Kota lain akan berupaya kembali untuk berkumpul dimana keluarga besarnya berada.

Kemacetan dan hambatan selama menempuh perjalanan akan dilalui, seolah -olah semua kendala dalam perjalanan adalah menjadi ragam indahnya mudik untuk sampai ke kampung halaman. Sebuah pemandangan yang sulit kita temukan pada tradisi masyarakat di negara lain.

Kampung halaman, orang tua dan keluarga besar, adalah magnet yang cukup besar menarik para perantau untuk kembali bersatu dan bersama merayakan Idul Fitri guna berbagi kebahagiaan.

Kondisi ini secara tidak langsung dapat menjadi sebuah Rekonsiliasi informal, apabila sebelumnya Warga Negara Indonesia yang memiliki hak pilih harus berbeda pilihan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Sejak diselenggarakan Pemilu Legislatif dan Pilpres, dengan tahapan - tahapannya, secara langsung maupun tidak langsung telah menggiring masyarakat pemilik hak suara untuk memposisikan diri pada kelompok yang berbeda sesuai dengan aspirasi dan idealismenya.

Nuansa Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman dan kesempatan untuk bersilaturrahim, akan mengikis perbedaan yang sebelumnya pernah ada.

Kita semua berharap semoga momen Hari Raya Idul Fitri ini dapat menjadi media untuk mempercepat terjadinya rekonsiliasi Nasional guna mewujudkan kondisi masyarakat yang tetap rukun dan damai.

Selanjutnya, Segenap Staf Subbag Humas Polres Bantul mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN", kepada seluruh umat Islam di wilayah Bantul.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger