SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN POSBINDU PTM KEC. PAJANGAN

Selasa, 23 September 20140 komentar



Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri sosialisasi pembentukan Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pajangan bertempat di Desa Wisata Alam dan Kuliner Ingkung Kuali Dk. Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul, Senin 22 September 2014 jam 10.00 Wib,

Hadir dalam acara tersebut Kepala Rutan Bantul Dr. H. Syahrial Yuska, Bc, IP, SH, MH, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Kepala UPT PPD Pajangan Edy Susanto, S.Pd. MM, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Ketua Penggerak PKK Desa Triwidadi, Penggerak PKK Desa Guwosari, Pengawas PLKB se Kec. Pajangan dan perangkat Desa perwakilan dari Desa se Kec. Pajangan, peserta sejumlah ± 30 orang.

Acara dibuka oleh Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH yang dalam sambutannya menyampaikan masalah Penyakit Tidak Menular serta  pencegahannya melalui kegiatan Posbindu PTM.

Penyakit Tidak Menular atau disebut dengan PTM merupakan penyakit kronis yang tidak ditularkan orang ke orang. 90% kematian akibat penyakit tidak menular terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia serta Lebih dari  70% penderita penyakit tidak menular tidak tahu kalau dirinya sakit dan 30%nya tidak berobat secara teratur. Menurut WHO terdapat 4 (empat) jenis penyakit tidak menular antara lain, penyakit Kardiovaskular (serangan jantung atau stroke), Kanker, Penyakit Pernapasan kronis (seperti penyakit obstruksi paru kronis dan asma) serta Diabetes.

Posbindu PTM adalah Pos Pembinaan Terpadu untuk monitoring (tekanan darah, obesitas, merokok, diet) dan konseling faktor risiko PTM yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat secara rutin dan periodik . Posbindu PTM merupakan UKBM untuk mawas diri terhadap faktor risiko PTM pada populasi sehat (mengingat sebagian besar Faktor Resiko PTM tidak memberikan gejala), kemudian Kasus faktor risiko PTM yang ditemukan tetapi tidak dapat dikendalikan melalui konseling akan dirujuk ke fasilitas pelayanan dasar di masyarakat (Puskesmas, Klinik swasta, dan dokter keluarga). Posbindu bukan merupakan program baru, Posbindu merupakan pengembangan yang merupakan Program dari Kemenkes RI.

Penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, jantung, kolesterol dan struk semakin banyak dan menjadi 10 besar penyakit yang dihadapi oleh Puskesmas.

Umur setelah 40 tahun kita menghadapi obesitas yang akan rentan dengan penyakit-penyakit tidak menular tersebut, laki-laki maksimal lingkar perutnya 90 cm dan perempuan 80 cm. Narkoba termasuk dalam Posbindu ini dan hanya khusus untuk Puskesmas yang dekat dengan terminal karena Puskesmas yang dekat dengan terminal akan mendapat reagennya guna pengetesan, tentunya akan bekerjasama dengan pihak BNN dan Kepolisian. Posbindu ini sasarannya orang yang berumur 15 tahun keatas, yang faktor resiko terkena penyakit tidak menular semakin besar.

Puskesmas Pajangan mempunyai program/kelas untuk pasien diabet, orang yang mau nikah, pos remaja dan ibu-ibu hamil. Kader dari Pamong Desa akan mendapat pelatihan dan sosialisasi Posbindu terlebih dahulu dan akan dimulai dari Barat yaitu Desa Triwidadi Pajangan. Terakhir Ia menghimbau untuk meningkatkan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) untuk menghindari demam berdarah.

Camat Pajangan dalam sambutannya menyampaikan, Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan faktor dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. PHBS tidak lepas dari tingkat pendidikan, pendapatan masyarakat, peran serta Pemerintah dan juga kesadaran masyarakat itu sendiri. Pemerintah dalam meningkat kan PHBS banyak mengadakan program seperti wajib belajar sembilan tahun, Pos Remaja untuk mengurangi pernikahan dini, program pengurangan keluarga miskin, 10 program PKK dan masih banyak lagi lainnya.

Ia menyambut baik program Posbindu PTM yang akan dilaksanakan oleh Puskesmas Pajangan ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Ia berharap dengan masyarakat yang sehat nantinya dapat menjadikan masyarakat Pajangan maju dan sejahtera serta angka kemiskinan dapat diminimalisir.

Kemudian sosialisasi Program Posbindu PTM disampaikan oleh dr. Bowo Koordinator penyakit tidak menular Puskesmas Pajangan dan dilanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan program Posbindu PTM.

Kegiatan Sosialisasi dan diskusi Program Posbindu PTM Puskesmas Pajangan berakhir pada jam 13.00 Wib dalam keadaan aman kondusif.. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger