TIPS MEMERIKSA KONDISI MOBIL DI RENTAL SEBELUM MENYEWA

Minggu, 21 September 20140 komentar



Banyak pecinta otomotif sedang berada di luar kota dan membutuhkan mobil maka lebih praktis adalah menyewa mobil di rental mobil kota tersebut, meskipun sedikit menguras kantong akan tetapi menyewa mobil memberikan keleluasaan pilihan dengan mobil yang kita butuhkan, misalnya membawa keluarga maka kita bisa memilih mobil yang muat banyak penumpang biasanya jenis MPV, misalnya ingin bepergian ke tempat yang kondisi jalannya ekstrim seperti daerah gunung-gunung bisa memilih mobil dengan jenis SUV, dan lain sebagainya.

Kekurangan/ kerugian menyewa mobil di rental adalah kita tidak mengetahui kondisi mobil (kesiapan mobil untuk di ajak perjalanan), padahal kondisi mobil erat kaitannya dengan keselamatan kita misalnya ban yang aus cukup membahayakan bagi pengemudi dan penumpang. Sebisa mungkin pecinta otomotif memilih mobil yang sehat (prima), beberapa komponen yang bisa diperiksa sebelum pecinta otomotif memutuskan menyewanya adalah: ban, peralatan service (kunci standar), dongkrak, ban serep, asuransi, cairan mobil, suspensi, body, wiper, lampu-lampu, dll. Berikut ini adalah ulasan point-point yang harus diperhatikan terkait dengan keselamatan kita:

Memeriksa Ban Mobil
Kondisi ban sangat erat kaitannya dengan keselamatan penumpang, ban yang aus sering menyebabkan ban mudah sekali bocor.

1. Periksa corak ban apakah masih bagus, corak yang bagus bisa membuang air dengan baik saat mobil melewati genangan air sedangkan corak yang buruk membuat mobil mudah selip (hati-hati saat mengemudikannya apa lagi kondisi hujan)

2. Periksa ketebalan tapak ban apakah masih sesuai standart (tebal tipis ban), ban yang masih tebal bisa menahan beban mobil pada kecepatan yang ideal. Semakin tipis ban semakin mudah meletus atau meledak jika digunakan pada kecepatan tinggi dan membawa beban banyak, ban yang tipis juga berpotensi meletus saat melewati jalanan makadam/ jalan berlubang.

Tips pertama adalah periksa kondisi ke 4 ban mobil plus ban serep, pilih mobil yang memiliki ban bagus

Memeriksa Peralatan Standar atau Tool Kit
Tool kit yang dimaksud adalah peralatan perbaikan sewaktu-waktu saat mobil mengalami kerusakan misalnya obeng, tang, kunci ban, kunci L, kunci pas, dongkrak dan lain-lain. Jangan sampai pecinta otomotif melakukan perjalanan tanpa membawa peralatan perbaikan standar ini karena cukup repot bila terjadi sesuatu, misalnya ban bocor maka dibutuhkan kunci L atau kunci ban dan dongkrak untuk menggantinya. Tidak lucu jika bocor di daerah tertentu atau di hutan memiliki ban cadangan tapi tidak membawa dongkrak sia-sia jadinya, berikut ini adalah peralatan yang wajib di bawa

Periksa Kabin Mobil
Memeriksa kondisi kabin atau bagian dalam mobil sangat perlu mulai dari panel-panel yang tersedia, sistem audio yang ada, alat navigasi yang digunakan, dll. Coba keseluruhan/ tombol yang dirasa perlu ada mulai dari depan (bagian driver) sampai belakang mobil (kunci bagasi mobil), pastikan semuanya normal dan dapat berfungsi dengan baik.
Tidak lucu juga ketika tidak mengecek tombol wiper eh ketika hujan wipernya tidak berfungsi hehehe, tidak mengecek kunci bagasi ternyata saat mau memasukkan barang bagasi tidak dapat dibuka periksa seluruh fungsi interior mobil

Periksa Lampu-Lampu Mobil
Periksa kondisi lampu depan mobil apakah kotor atau berembun, kemudian periksa semua fungsi lampu seperti sorot ke bawah dan sorot dim (lurus). setelah headlamp diperiksa cobalah fungsi semua lampu yang ada seperti lampu kabut mobil (foglamp), lampu rem sampai lampu sein (lampu sinyal belok). Fungsi lampu selain sebagai penerangan juga untuk berkomunikasi dengan pengendara lain, alat komunikasi lampu ini juga sangat penting fungsinya dalam mendukung keselamatan kita. Pastikan semua normal dan berfungsi dengan baik

Periksa AC dan Wiper
AC sangat erat kaitannya dengan kenyamanan mengemudi dan kenyamanan penumpang, bagi pecinta otomotif yang suka dengan kenyamanan wajib mengetes AC mobil dengan cara dihidupkan sebentar dan dirasakan apakah AC bertiup dengan optimal dan dingin, selain bermanfaat untuk mendinginkan suhu AC mobil juga bermanfaat untuk menghilangkan embun saat cuaca hujan.

Sedangkan pemeriksaan wiper adalah mulai dari penyemprot air (washer), cepat/ lambat sapuan wiper sampai kondisi karet wiper apakah getas ataukah masih baik (bisa menyeka air dengan baik), pengecekan wiper ini mutlak dilakukan manakala pecinta otomotif menyewa di rental saat musim hujan. Fungsi wiper selain menyeka air juga bisa menyeka kotoran yang tuba-tiba tersangkut seperti daun-daunan atau kotoran burung atau cipratan lumpur.

Periksa Bodi Mobil
Periksa bodi mobil secara keseluruhan karena biasanya pemilik rental akan mengecek kondisi mobil terutama body saat mobil dikembalikan, sebelum menyewa periksalah apakah bodi mobil semua dalam keadaan baik (tidak ada cat tergores atau bodi penyok), jika pecinta otomotif menemukan permasalahan saat memeriksa misalnya ada goresan sebaiknya melaporkan pada pemilik mobil (rental) terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahpahaman kemudian. Periksa pula ornamen yang melekat pada body mobil apakah terpasang dengan baik seperti side body moulding, roof rak, footstep, dan lain-lain.

Jangan lupakan pula mengecek sistem suspensi mobil karena ini juga rawan menimbulkan masalah ketika mobil melewati jalanan yang berliku-liku, cara mengeceknya cukup sederhana yakni dilihat dari jarak 10 meter mengelilingi mobil apakah mobil miring atau seimbang, jika mobil miring ke salah satu sisi kemungkinan suspensi bermasalah. Periksa pula di kolong mobil (shockbreaker) apakah ada rembesan oli

Test Drive
Test drive adalah langkah terakhir sebelum memutuskan menyewa mobil, mintalah test drive dengan mengemudikan mobil disekitar tempat rental. Rasakan seluruh fungsi-fungsi drive mulai dari pedal gas, rem, pedal rem, rem tangan, pedal kopling, tuas kopling, power steering, suspensi mobil.

Yang harus dirasakan pertama adalah Rem, karena ini terkait erat dengan keselamatan kita, jika ada masalah jangan sungkan bilang pada pemilik rental, kemudian sistem kemudi/ handling (ringan atau berat). Jangan ragu-ragu bertanya jika dirasa ada masalah karena keselamatan penumpang dalam mobil rental tergantung saat kita melakukan test drive tersebut....
Semoga bermanfaat.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger