WASPADA TERHADAP CALO PADA REKRUTMEN PERSONEL

Selasa, 16 September 20140 komentar




Polri terus berupaya untuk memperbaiki semua aspek yang menjadi celah rendahnya kinerja institusi. Salah satunya adalah keberadaan calo yang memanfaatkan momen dibukanya pendaftaran penerimaan personel / pegawai pada instansi tertentu.

Untuk menjalankan komitmen tersebut, Kepolisian Daerah Bengkulu membongkar sindikat calo penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun 2014. Temuan ini terungkap dari hasil pengembangan penyidikan atas penangkapan empat oknum pembawa uang senilai Rp 2 miliar pada Jumat 12 September 2014.

Dalam konferensi pers di Mapolda Bengkulu, Senin 15 September 2014, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Tatang Somantri, mengatakan uang hasil tangkap tangan di salah satu hotel kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu tersebut, memang ditujukan untuk suap penerimaan CPNS tahun 2014.

Pada bulan April 2014 yang lalu, Kepolisian Resor Kota Medan, menangkap sindikat calo penerimaan Taruna Akademi Kepolisian, RN (48) penduduk Jalan Cempaka Perumnas Helvetia. Mereka menipu korbannya sebesar Rp 500 juta yang memanfaatkan momen dibukanya pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2014.

Keberadaan Para calo ini sangat merugikan institusi Polri, karena dengan modus dan teknik kejahatan yang ia lakukan dengan menjanjikan kelulusan kepada calon peserta test serta membawa nama salah satu pejabat Polri atau Pejabat lain diuar institusi Polri.

Mungkin saja peserta yang menjadi korban dari calo tersebut telah lulus sesuai dengan standard test yang ada, namun karena kecerdikannya, seolah – olah calo tersebut menjadi pahlawan dan punya peran yang besar terhadap kelulusan peserta test.

Kasus seperti ini tidak hanya terjadi pada institusi Kepolisian, tetapi dapat juga terjadi di semua lembaga ketiga membuka pendaftaran pegawainya. Oleh karena itu, semua warga masyarakat yang akan mengikuti test seleksi untuk menjadi pegawai atau karyawan tertentu, harus waspada terhadap penipuan yang dilakukan oleh para calo.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger