ANTARA KESELAMATAN DI JALAN RAYA DAN PENGHEMATAN

Sabtu, 15 November 20140 komentar



Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjelaskan bahwa Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, Kendaraan, Jalan, dan/atau lingkungan. Dalam kondisi tertentu, manusia dan kondisi kendaraan menjadi faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti ban pecah.


Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih. Fungsi ban adalah sebagai pencengkeram dari roda dengan jalan, itulah sebabnya ban sangat penting dalam laju dari sebuah motor. Gesekan yang di hasilkan dari ban dengan jalan mengakibatkan motor melaju dengan gesit.

Ketika ban mulai gundul dan sudah tidak ada alurnya, tentu dapat membahayakan pengendaranya dan keselamatan orang yang ada di jalan raya. Solusinya adalah dengan mengganti dengan ban yang baru. Namun kadangkala mind set dan cara pandang para pengguna atau pemilik kendaraan masih ada yang berfikir untuk penghematan dari pada aspek keselamatan berlalu lintas. 

Sebagian orang memilih mengganti ban yang sudah gungul dengan ban hasil suntikan atau rekondisi yang sebenarnya tidak dapat memberikan jaminan pada keselamatan pengendaranya. Para pedagang ban suntik atau rekondisi juga semakin banyak seiring dengan banyaknya permintaan konsumen, dengan alasan lebih murah dari pada membeli ban asli dan baru dari dealernya.

Semoga kita yang memiliki kendaraan bermotor, dapat lebih cerdas dalam memelihara kendaraan kita, dalam hal ini aspek keselamatan seharusnya diutamakan. Ketika sudah terjadi kecelakaan dan adanya korban jiwa serta kerugian materi, biaya untuk melakukan recovery terhadap kondisi atau kerugian tentu akan lebih besar dari pada kita harus membeli ban kendaraan yang lebih baik dan dapat menjamin keselamatan berkendaraan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger