GIAT ROSULAN DI LAPANGAN DANGWESI DLINGO

Jumat, 20 Maret 20150 komentar



Kamis, 19 Maret 2015 pukul 14.00 Wib telah dilaksanakan pentas seni Jatilan dilapangan Dangwesi, Terong, Terong, Dlingo, Bantul dalam rangka bersih desa / Rosulan.

Tradisi Rasulan atau bersih desa adalah salah satu seni budaya yang sudah berlangsung turun temurun, dengan tujuan yaitu :

1. Syukuran : di dalam kegiatan rasulan terdapat acara doa-doa, mengucap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. dilaksanakan supaya masyarakat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki yang melimpah.

2. Melestarikan tradisi : diharapkan dengan dilaksankan tradisi ini dapat mempertahankan tradisi yang di tinggalkan nenek moyang supaya tradisi ini selalu tetap berjalan sampe anak cucu mereka.

3. Memperkokoh tali persaudaraan : dilaksanakannya acara ini dengan teratur dapat memperkokoh tali persaudaraan antara masyarakat, dengan gotong-royong otomatis masyarakat saling bantu membantu antara yang satu dengan yang lainnya.

4. Menarik wisatawan : dengan diadakannya kegiatan tradisi rasulan ini diharapkan menjadi penarik wisatawan domestik maupun luar yang ingin berwisata budaya.

Tradisi rasulan merupakan aset bedaya yang sangat perlu untuk dipertahankan, karena dengan keunikan dan kekhasannya, kelestarian jiwa kebersamaanya dengan semangat bergotong-royong maka keharmonisan masyarakat dapat terwujud.

Dan tradisi rasulan ini bisa menjadi salah satu aset budaya bangsa yang patut dengan bangganya kita mempertahankan dan mempublikasikannya ke dunia internasional. untuk bersyukur kepada Yang Maha Esa karena telah selesai panen.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Dlingo mengadakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Dlingo)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger