PANEN RAYA DI BULAK SAWAH JANGKRIKAN SEDAYU

Kamis, 20 Agustus 20150 komentar



Pada hari rabu tanggal 19 Agustus 2015 jam 08.00 wib di Bulak sawah Jangkrikan Dusun Jurug, Argosari Sedayu seluas  14,7 ha dilakukan Panen raya.

Kegiatan panen raya tersebut di hadiri Kementrian pertanian RI Irjen Drs. Dustan Siahaan, Korem 072 yogyakarta Brigjen Stepanus Tri Mulyono, Kodim Bantul Letkol Kav. Tumadi, S. Sos, Danramil Sedayu Kapten Stepanus S, Pj Bupati bantul Bapak Sigit Sapto Raharjo, Kepala Dinas Kab. Bantul, Kapolres Bantul yang diwakili Kasi Humas Polsek Sedayu Ipda Agus Supraja, Anggota DPRD Kab. Bantul, Muspika Kec. Sedayu, Lurah Desa se- Kecamatan Sedayu, Ketua Kelompok Tani Marsudi Lestari Bapak Wagiyono, dan anggota TNI Kodim dan Koramil Sedayu, Ps. Panit I Binmas Aiptu Wiyono bersama anggota Bhabinkamtibmas Desa Argosari Bripka Murijan.

Panen pada lokasi ini memang sedikit berkesan, karena lahan sawah pada bulak ini sudah lama tidak diolah petani, disebabkan banyaknya serangan hama tikus. Dengan motivasi yang kuat dari dinas pertanian Bantul dibantu Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY dibantu BKP3 Bantul, Muspika Sedayu dan jajaran TNI AD, sejak awal Mei 2015 bulak ini mulai ditanami padi kembali. Dari 14,7 ha yang berro, lahan yang berhasil ditanami padi seluas 14 ha.

Dalam laporan Wagiyono ketua kelompok tani Marsudi Lestari, disebutkan bahwa dari  14 ha lahan yang ditanami, hanya 2 ha masih mengalami gangguan hama tikus. Petani merasa sangat terbantu dengan adanya motivasi kuat dari dinas pertanian dengan memberikan bantuan bibit, pupuk maupun traktor serta menggiatkan usaha bersama memberantas tikus, sehingga lebih dari 1000 ekor tikus berhasil dibasmi.

Pada panen kali ini dilaporkan juga oleh Wagiyono bahwa hasilnya mencapai 7,1 ton per ha, sehingga untuk keseluruhan bisa mencapai 80 ton lebih. Dari pengamatan di lapangan, separuh lebih lahan sudah siap dipanen, sedangkan sebagiannya menunggu 2 minggu ke depan juga akan menyusul siap dipanen. Justan Riduan Siahaan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berperan aktif untuk menghidupkan lagi lahan tidur di dusun Jurug ini.

Rangkaian acara panen perdana di bulak Jangkrikan, diawali dengan panen padi oleh Irjen, Danrem, Plt Bupati Bantul, para Kodim, Kadis Pertanian, anggota DPRD dan Muspika Sedayu di bulak sisi barat kali.

Setelah itu diteruskan sambutan-sambutan oleh Bupati, Danrem dan Irjen.  Acara panen perdana diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Irjen Kementrian Pertanian dan disampaikan kepada ketua kelompok tani Marsudi Lestari, doa penutup oleh lurah argosari Hidayaturachman dan makan sego wiwitan bersama. 

Selama acara berlangsung anggota Polsek Sedayu melakukan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek sedayu)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger