PEMBUKAAN MERTI DUSUN MANGIR

Jumat, 23 Oktober 20150 komentar



Bertempat di Watu Gilang Petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo dusun Mangir Sendangsari Pajangan telah berlangsung pembukaan acara Merti Dusun Mangir, Kamis 22 Oktober 2015 jam 20.30 Wib.

Pembukaan Merti Dusun Mangir ditandai dengan acara prosesi Ngracik Toyo 7 Sumber, Pembacaan Doa dan Tahlil oleh Rois 3 Mangir, Jamasan Selo Gilang, Upacara kepung Beteng Tirto Suci dan Kembul Bujono pujho basuki.

Acara dihadiri oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto ST, Dinas pariwisata Yogyakarta, Juru Kunci Watu Gilang Mbah Bakri, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana (Mewakili Kapolsek Pajangan, Babinsa Kopka Muh. Nansa dan Pelda Parjangkung, Pendamping Kesenian dan Kebudayaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DIY untuk Kec. Pajangan Ibu Kurniawati Dwi Rahayu dan Ananda Elzaniar P, Kepala Dukuh 3 Mangir (Hendri Setiyawan, Sumardi dan Utarno), para Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan warga ke tiga Mangir sejumlah ± 500 orang.

Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan bahwa petilasan Mangir Wonoboyo masuk dalam peraturan Bupati Bantul dalam cagar budaya. Tahun 2015 peraturan daerah mengeluarkan 5 Perda. cagar budaya antara lain cagar budaya di Goa Selarong  Desa Guwosari, intake Kamijoro dan cagar budaya di Mangir Desa Sendangsari. Karena keterbatasan anggaran Tahun 2015 yang akan di bangun Goa Selarong dahulu dan dimulai pembangunan Tahun 2016 pada saat ini sudah pada tahap STPBL. DED Tahun 2016 Mangir masuk STPBL. DED, dan Tahun 2017 mulai pembangunan fisik.

Adapun event Merti Dusun Mangir selanjutnya yaitu 1. Sabtu (24/10/2015) jam 19.00 Wib, Pentas Kesenian Mangir (Gejog Lesung, Hadroh, Macopat, Sholawat Jawa, Tari-tari, Karawitan, Wayang tanpa Gamelan dll), 2. Minggu (25/10/2015) jam 07.00 Wib Jalan Sehat Wana Baya, 3. Minggu (25/10/2015) jam 12.00 Wib Reog Gagak Rimang dan 4. Selasa (27/10/2015) jam 19.00 Wib, Kethoprak Gilang Mudho Budoyo dan Campur Sari dengan bintang Tamu Dimas Tejho Blangkon dan Mbah Kantong.

Selama berlangsunya kegiatan ini personil Polsek Pajangan mengadakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger