SOSIALISASI BUDIDAYA PADI DENGAN METODE SRI DI DUSUN PANDES II PLERET

Sabtu, 21 November 20151komentar



Ratusan anggota Gapoktan Subur Makmur Dusun Pandes II mengikuti acara sosialisasi cara budidaya padi organik dengan metode System of Rice Intensification (SRI) oeh Dinas Pertanian Kabupaten Bantul di Dusun Pandes II Wonokromo Pleret Bantul, Kamis, 19 November 2015 pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan ini Muspika Kecamatan Pleret , Ketua Gapoktan Desa Wonokromo  Jalal Affandi , Bhabinkamtibmas dan Babinsa Wonokromo dan Pamong Desa Wonokromo.

Menurut nara sumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Bantul, budidaya padi organik dengan metode System of Rice Intensification (SRI) merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi. Di beberapa tempat, SRI dilaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat.

Beberapa praktek di berbagai negara menemukan bahwa metode SRI berhasil menekan serendah mungkin input produksi.  Hal ini sejalan dengan upaya para aktivis pertanian organik untuk mengolah tanah secara berkelanjutan. Hasilnya, ditemukan hubungan konservasi air pada sistem budidaya padi SRI dengan upaya konservasi tanah yang dianut pada budidaya padi organik. Saat ini, banyak para petani organik yang menerapkan budidaya padi dengan metode SRI.

Melalui sistem ini kesuburan tanah dikembalikan sehingga daur-daur ekologis dapat kembali berlangsung dengan baik dengan memanfaatkan mikroorganisme tanah sebagai penyedia produk metabolit untuk nutrisi tanaman. Melalui metode ini diharapkan kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga dengan baik, demikian juga dengan produk akhir yang dihasilkan, yang notabene lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya. (Sihumas Polsek Pleret)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger