Kapolsek Bantul Hadiri Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023

Senin, 22 Mei 20230 komentar

 

Kapolsek Bantul, Kompol Wahyu Widadi mewakili Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK, menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, di Lapangan Paseban Bantul pada Sabtu (20/05/2023).

Dandim 0729/Bantul, Letkol Inf Arif Hermad menjadi Irup, serta KBO Sat Samapta Polres Bantul Iptu Effendi menjadi Danup dalam upacara tersebut.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, menetapkan hari lahirnya Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Dr. Soetomo mendirikan Boedi Oetomo dengan tujuan mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi ini berhasil menyatukan pergerakan di Indonesia yang sebelumnya bersifat kedaerahan menjadi pergerakan nasional dengan cita-cita kemerdekaan sebagai tujuan akhir.

Arif Hermad juga menekankan bahwa semangat Boedi Oetomo masih relevan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan bangsa saat ini. Hal ini terjadi di tengah-tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina - Rusia yang menyebabkan ketidakstabilan kondisi ekonomi dan geopolitik global.

"Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!" ungkapnya.

Peningkatan penanganan COVID-19 berdampak positif terhadap pemulihan kegiatan masyarakat secara bertahap. Hal ini berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional. Data menunjukkan bahwa pada triwulan I-2022, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,01 persen (year on year), dengan hampir seluruh sektor usaha mengalami pertumbuhan positif.

Arif Hermad melanjutkan, momen ini semakin diperkuat oleh peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Tujuan utama Presidensi G20 tersebut adalah memberikan semangat baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang adil dan inklusif, serta memastikan keberlanjutan kehidupan di masa depan dengan kesejahteraan dan kemakmuran yang merata bagi semua.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger