Diprakarsai Mabes Polri, Polda DIY Ikut Serta Cetak Rekor MURI Penanaman 21 Juta Pohon

Rabu, 23 Agustus 20230 komentar

Polda DIY ikut mendukung inisiasi Polri dalam pemecahan Rekor MURI penanaman pohon terbanyak secara serentak.

Total ada 21 juta pohon yang hari ini ditanam oleh Polri di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Kepolisian ASEAN yang tergabung dalam Ketua AMMTC dan Ketua SOMTC dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, melakukan penanaman pohon di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal ini merupakan salah satu bentuk mengisi kemerdekaan ke-78 RI, dengan tema 'Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini'.

Kegiatan serentak di seluruh Indonesia ini, diikuti secara zoom oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama Forkopimda dan Polres Jajaran.

Kapolda DIY mengatakan, untuk mendukung pemecahan rekor tersebut, Polda DIY menanam sebanyak 11.375 bibit pohon.

"Ini dari berbagai varian pohon yang memiliki akar kuat ya, mulai dari sirsak, pucuk merah, bungur, gayam, beringin, mahoni dan lain sebagainya," ujar dia, Rabu (23/8/2023).

Penanaman pohon ini sendiri dipusatkan di di Bukit Watu Gagak, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul.

Namun, kata Kapolda, penanaman pohon lainnya juga dilakukan di Polres Jajaran di setiap daerah di kabupaten/ kota se-DIY.

Dalam penanaman tersebut, Polda DIY bersinergi dengan anggota TNI, pemerintah daerah, serta para aktivis pencinta lingkungan.

Uniknya, seluruh polisi dan elemen yang ikut dalam kegiatan itu menanam pohon dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

"Dengan maksud kita mendukung program penghijauan untuk bisa menghijaukan wilayah-wilayah di Indonesia," ujar dia.

Kapolda juga mengatakan penanaman pohon dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjaga keberlangsungan kehidupan.

"Penanaman pohon dipilih sebagai salah satu bentuk kontribusi karena pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, mereduksi dampak perubahan iklim, serta mencegah terjadinya tanah longsor," pungkas dia.
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger