Ini Perkiraan Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Siap-siap Ya!

Senin, 15 April 20240 komentar

 

Berdasarkan ketetapan pemerintah, batas libur Lebaran 2024 adalah tanggal 15 April 2024. Prediksi puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi di sekitar tanggal tersebut.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada tanggal 13-16 April 2024.

"Arus balik diperkirakan akan terjadi tanggal 13 sampai 16 April 2024," ujar Michael dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/4/2024).

Michael mengingatkan kepada para pemudik untuk menyiapkan stamina sebelum nantinya melangsungkan arus balik Lebaran 2024. Menurutnya, faktor kondisi yang prima utamanya ketika mengemudikan kendaraan adalah hal penting. Karena akan menjaga fokus dan menghindari potensi terjadinya kecelakaan.

"Siapkan stamina. Pastikan kesehatan prima, pastikan kendaraan tidak bermasalah. Karena sehat dan tidak lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas," imbau Michael.

Selama perjalanan arus balik, penting untuk istirahat secara teratur agar tetap segar dan fokus dalam mengemudi. Jangan memaksakan diri untuk terus menerus berkendara tanpa istirahat, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan akibat kelelahan.

"Kemudian, bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan," ucapnya.

Selain itu, Michael menyarankan pengendara untuk memeriksakan kondisi kendaraan agar laik jalan. Hal ini guna meminimalisir kemacetan maupun kecelakaan akibat kelalaian pengemudi.

"Pastikan kembali kondisi kendaraan yang anda gunakan, seperti cek mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya. Sehingga kondisi kendaraan layak jalan," ungkap Michael.

Manfaatkan teknologi dengan mengunduh aplikasi pemantau lalu lintas yang dapat memberikan informasi tentang kondisi jalan, kemacetan, dan rute alternatif secara real-time.

“Dengan begitu, Anda bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memilih jalur perjalanan yang optimal,” imbuh Michael.

Selain itu, pemudik disarankan membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan arus balik.

“Hindari kelaparan dan dehidrasi dengan membawa bekal yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi selama perjalanan,” katanya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Michael berharap perjalanan arus balik mudik 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

“Selamat pulang kembali ke rumah dan semoga Anda tiba dengan selamat di tujuan akhir,” tutupnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger