Stress
adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat
kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang
mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya? Stress bukan
suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu,
anda akan terkena banyak masalah kesehatan.
Beberapa
waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa :
- Lebih
dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan
bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
-
Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping
masalah sakit punggung.
- Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih
dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena
masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon
maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih
saya perkirakan sama.
Sebelumnya
saya akan sampaikan beberapa hal utama yang dapat menyebabkan stress di tempat
kerja :
-
Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
-
Ketidakjelasan tugas yang diberikan
-
Permintaan barang yang sangat tinggi
-
Kurangnya perencanaan kerja
-
Adanya ancaman di kalangan karyawan
-
Teriakan dan makian para konsumen
- Teman
kerja yang selalu mengganggu
-
Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang
dsb.
- dan
yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah
diatas.
Hal-hal
ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi,
gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang
berkepanjangan.
Jika
ada hal-hal diatas yang anda rasakan …. hmmm, saya rasa anda perlu segera
merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda
secara keseluruhan. Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :
1.
Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan
siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat
perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana
bulanan, rencana harian).
2.
Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja.
Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk
mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.
3.
Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka
dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
4.
Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan
ragu untuk bertanya.
5.
Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai
dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.
6.
Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing
orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru
berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain
membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
7.
Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
8.
Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan
kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
9.
Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti
suara, ventilasi, cahaya dan suhu. Disamping stress di tempat kerja, di
kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan.
Posting Komentar