GIAT PSA SAT LANTAS POLRES BANTUL DI BALAI DESA DONOTIRTO KRETEK

Selasa, 20 Mei 20140 komentar



Dalam rangka menanamkan kedisplinan dan pengetahuan  terhadap aturan lalu lintas sejak dini dan pencitraan polisi yang baik  di mata anak-anak, Sat Lantas Polres Bantul menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di Gedung sebar guna Desa Donotirto Kretek, Selasa, 20 Mei 2014 pukul 09.00 Wib. 

Kegiatan PSA dipimpin Aiptu Puji Astuti melibatkan sejumlah anggota, para guru dan murid murid gusus 3 Kecamatan Kretek yang terdiri dari TK ABA Busuran, TK Masyithoh Greges, TK Pamrdisiwi Greges, TK ABA Mersan, TKIT Ar Rahman Mersan, TPA Karunia ‘Aisyiyah, KB Ar Rahman, SPS Mawar dan SPS Permata Bunda sejumlah 346 murid.

Kegiatan PSA diawali dengan perkenalan dari masing masing personil dan murid murid, dan dilanjutkan pengenalan rambu rambu lalu lintas serta bernyanyi. Anak anak diajak dan diperkenalkan tugas tugas polisi beserta tanggung jawabnya dengan harapan anak anak mengerti tugas tugas polisi sehingga kedepannya mereka bisa akrab dengan polisi.

Terlihat dari wajah mereka tidak tampak rasa takut dengan keberadaan anggota. Padahal di lapangan biasanya polisi selalu menjadi sosok menakutkan bagi anak-anak. Terlebih para orangtua terkadang menggunakannya untuk menakut-nakuti anak jika rewel atau nakal.

Dalam pengenalan rambu rambu lalu lintas murid murid tampak bersemangat dan mempraktekkan apa yang sudah diajarkan oleh Unit PSA Sat Lantas Polres Bantul. Sebagi contoh menyeberang jalan yang baik, mengedarai sepeda motor yang baik pula dengan harapan agar murid murid mengetahui sejak dini aturan lalulintas sehingga kedepannya bisa taat peraturan laulintas.

Pada kesempatanya Anggota juga mengajak kepada para Guru dan orang tua siswa TK yang hadir bisa memberikan contoh yang baik dalam berlalulintas seperti mengantar anaknya ke sekolah yang memakai sepeda motor harus menggunakan helm untuk keselamatan diri sendiri, kelengkapan sepeda motor seperti spion harus terpasang dua, membawa kelengkapan surat sepedamotor seperti SIM, KTP dan STNK. Pesan terakhir agar dalam menyeberang jalan dan menjemput anak supaya parkir yang rapi dan tepat waktu untuk menghindari penculikan terhadap anak.

Dalam penerangan masalah kelalulintasan ini, anak-anak terlihat santai. Apalagi metode yang dilakukan Aiptu Puji Astuti adalah belajar sambil bermain.

Aiptu Puji Astuti menjelaskan, upaya memperbaiki citra polisi bukan hanya dilakukan dengan program PSA saja tapi polisi di lapangan juga harus ramah dan santun hingga masyarakat terutama anak-anak tidak takut lagi dengan polisi. Kalau polisinya angker atau memperlihatkan raut muka tidak bersahabat, jelas mereka takut dan ini tidak simpatik. Makanya polisi juga harus ramah,” jelasnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger