MEWUJUDKAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN MELALUI PENGAWALAN

Kamis, 16 Oktober 20140 komentar



Salah satu kegiatan operasional dari fungsi teknis Sabhara adalah pengawalan. Pengawalan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh anggota Polri untuk menjaga keamanan, keselamatan atas jiwa dan harta benda dari satu tempat ke tempat lain.

Setiap anggota Sabhara terlebih yang harus melakukan tugas pengawalan harus memiliki kemampuan teknik dan taktik, hal ini perlu dikuasai baik dalam pengawalan ikatan perorangan maupun kelompok. Hal ini diperlukan karena di dalam pelaksanannya tidak jarang petugas yang melakukan pengawalan dihadapkan pada berbagai hambatan-hambatan.

Ada beberapa jenis pengawalan yang dilaksanakan oleh polri, yaitu pengawalan tahanan, pengawalan VIP, pengawalan barang berbahaya. Tujuan dari pengawalan, yaitu
- untuk memberikan pengamanan dan keselamatan terhadap orang dan tahanan,
- untuk memberikan pengamanan dan keutuhan harta benda yang menjadi objek pengawalan.

Sasaran dalam pengawalan yaitu tahanan, orang, dan harta benda. Bentuk pengawalan antara lain pengawalan rutin dan pengawalan insidentil. Sifat dari pengawalan ada yang bersifat langsung dan tidak langsung. Adapun yang mebjadi prinsip dalam pengawalan adalah keterpaduan, rahasia, selektif prioritas, efektif dan efisien, offensif, serta kewaspadaan dan kepekaan. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger