PENGAMANAN KIRAB BUDASA DESA TAMANAN BANGUNTAPAN

Senin, 27 Oktober 20140 komentar




Dalam rangka "Merti Desa" Desa Tamanan Banguntapan diadakan gelar Kirab Budaya. Giat untuk pertama kalinya ini sekaligus memperingati hari jadi Desa Tamanan yang ke 67.

Gelar Kirab Budaya desa Tamanan dibuka oleh Bupati Bantul Dra. Hj Sri Surya Widati pada hari Minggu tanggal 26 Oktober 2014 mulai pukul 13.30 Wib di Lapangan Tamanan Banguntapan.

Maksud dan tujuan kirab budaya adalah untuk melestarikan kebudayaan jawa yang akhir-akhir ini sudah mulai tergeser budaya modern. Hadir pula pada giat tersebut Anggota DPRD tingkat I Bpk. Joko Purnomo, DPRD tingkat II Drs. Hendro Sutomo serta jajaran Muspika Banguntapan.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengapresiasi kegiatan kirab budaya ini, agar kegiatan dilaksanakan secara rutin sehingga bisa diagendakan untuk tujuan wisata. Dan semoga Desa Tamanan bisa menjadi Desa tujuan Wisata.

Kapolsek Banguntapan Kompol Sudarsono pimpin langsung pengamanan kirab budaya, baik jalur / rute yang akan dilalui maupun giat peserta kirab. Kapolsek juga mengawal giat dengan membuka jalan guna kelancaran dan keaman giat kirab budaya. Sehingga warga tidak ada yang berebutan gunungan sebelum acara selesai.

Lurah Desa Tamanan Bpk. Sriyanto bertindak sebagai pemimpin kirab. Dengan mengenakan kostum kebesaran ciri khas pasukan kerajaan mataram Ngayogyokarto Hadiningrat. Kemudian diikuti tokoh masyarakat dan agama dilanjut gunungan serta peserta kirab lainnya.

Peserta kirab terdiri dari kesenian tradisional jathilan, gunungan dan bermacam-macam maskot dari masing-masing pedukuhan. Dan rute yang dilalui star dari Lapangan Tamanan dan finish di situs umbul sari Tamanan.

Sebagai informasi peserta kirab terdirir dari 9 dusun wilayah Desa Tamanan. Setiap dusun mengirimkan 1 bergodo yang beranggotakan sekira 100 orang. Jadi total peserta kirab kurang lebih 1000 orang. Giat kirab berlangsung aman tertib, setelah semua peserta sampai dilokasi finish, kemudian gunungan diperebutkan warga seputar. (Sihumas Banguntapan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger