Ketika akan
menghentikan laju kendaraan baik itu secara perlahan atau pun mendadak rem
merupakan alat yang dapat mengurangi laju kendaraan, selain rem kopling
merupakan hal yang mutlak digunakan ketika pengereman. Fungsi dari kopling di
saat pengereman adalah untuk mencegah matinya putaran mesin mobil. Karena jika
putaran mesin berada di bawah torsi minimum suatu kendaraan yang dianjurkan
biasanya mesin akan mati. Jadi, itulah kenapa setiap pengereman pedal kopling
harus ditekan/diinjak. Namun, pertanyaan kita adalah manakah yang lebih dahulu
diinjak antara pedal kopling atau rem?
Jawabannya
adalah, bisa kopling duluan atau rem duluan. Karena jika kopling tidak diinjak
terlebih dahulu ketika pengereman dalam laju yang kurang kencang maka mesin
akan mati, oleh karena itu kopling harus diinjak terlebih dahulu untuk menjaga
jangan sampai mesin mati karena laju kendaraan sudah melambat namun kopling
belum diinjak. Namun, untuk laju kendaraan yang cepat, penekanan pada pedal rem
terlebih dahulu juga dibolehkan karena mesin tidak akan mati jika putaran mesin
masih tinggi, kemudian diiringi dengan menginjak pedal kopling atau langsung
melaju kembali tanpa menginjak pedal kopling.
Jadi,
penggunaan kopling atau rem duluan yang diinjak adalah disesuaikan dengan laju
kendaraan dan tujuan dari pengereman itu sendiri. Namun, yang terpenting adalah
mengurangi laju kendaraan dengan mengurangi penekanan terhadap pedal gas atau
pun melepas pedal gas sangat dianjurkan. Hal ini perlu dilatih untuk menentukan
waktu kendaraan akan berhenti setelah pedal gas dilepas. Dengan mengurangi
penggunaan rem, maka kita tidak membuang tenaga mobil secara percuma dan
tentunya akan lebih menghemat penggunaan BBM.
Posting Komentar