KIRAB BUDAYA DALAM RANGKA MERTI DUSUN KEMBARAN

Minggu, 28 Desember 20140 komentar



Minggu, 28 Desember 2014 pukul 14.00 Wib di Dusun Lapangan Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan acara Kirab Budaya dalam rangka merti dusun Kembaran.

Merti Dusun Kembaran dihadiri oleh Lurah Desa Tamantirto, Dukuh Kembaran, Ketua RT se Dusun Kembaran, peserta Kirab Budaya yang terbagi dari 30 Kelompok dan ribuan masyarakat sekitar.

Masyarakat Pedukuhan Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul  mengadakan upacara tradisional bersih dusun yang lebih dikenal dengan istilah 'Merti Dusun', dengan berbagai rangkaian acara dimana acara puncaknya adalah Kirab Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit pada Minggu, 28 Desember 2014.

Tradisi ini merupakan salah satu bentuk syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Salah satu bentuk ucapan syukur tersebut di wujudkan dengan adanya gunungan yang berisi berbagai hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan yang diarak mengelilingi kampung yang nantinya akan di perebutkan masyarakat.

Selama berlangsungnya kirab budaya personil Polsek Kasihan mengadakan pengamanan hingga berakhirnya acara situasi dalam keadaan aman. (Sihumas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger