Polsek Piyungan Amankan Kirab Budaya Merti Dusun Ngablak

Selasa, 02 Juli 20240 komentar

 

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud SIKom pimpin pengamanan Kirab Budaya Merti Dusun Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (22/6/2024) siang.

Marti dusun merupakan suatu acara atau perayaan tradisional sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga kebersamaan dan menguatkan nilai-nilai sosial budaya yang diwariskan oleh generasi sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih, Anggota DPRD DIY Dr.H.Sukamta Ph.D, Anggota DPRD Prov DIY Wildan Nafis SE, Anggota DPRD Bantul Nur Yuni Astuti S.Sos SH, Forkopimkap Piyungan dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengapresiasi warga masyarakat dan Pemerintah Kalurahan Sitimulyo, yang telah melaksanakan kegiatan Merti Dusun.

"Ini merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi dan budaya bangsa, sedekah bumi pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya, " ungkapnya.

Sementara itu, Kirab yang menjadi tontonan warga masyarakat sekitar ini diikuti beberapa peserta ataupun kelompok dengan berpakaian adat Jawa serta membawa gunungan sayuran dan buah-buahan hasil bumi yang turut diarak keliling.

Kapoolsek Piyungan AKP Amir Machmud SIKom yang berada di lokasi kegiatan menyampaikan bahwa, pengamanan dilakukan sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab terutama di pengal-pengal jalan yang dilalui, tuturnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger