PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2012

Rabu, 20 Juni 20120 komentar

Kasubbag Humas Polres Bantul AKP H. M Suparman mewakili Kapolres Bantul menghadiri upacara memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia di Dusun Gatak II Desa Tamantirto Kasihan, Bantul. Hadir dalam acara ini adalah anggota Muspida Bantul, kepala SKPD se Kabupaten Bantul, pejabat BLH Propinsi DIY dan perwakilan dari Kementrian LH. 
 
Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup (LH) Republik Indonesia Prof, DR. Balthasar Kambuaya, MBA. Yang dibacakan oleh Wabup Bantul Drs, Sumarno PRS diantaranya  menyampaikan bahwa permasalahan LH memiliki kesamaan dengan permasalahan ekonomi yang dihadapi semua warga dunia. "Tantangan lingkungan hidup terbesar dewasa ini adalah terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim dimana belum ada konsensus dunia untuk mengikat negara-negara untuk bersama-sama mengatasinya. Kedua pemasalahan ini bukanlah suatu hal yang terpisah, karena melalui krisis akan mendorong pemikiran-pemikiran, kebijakan dan tindakan untuk mencapai solusinya." kata menteri LH. 

Untuk itu, tambah menteri, badan dunia dibidang LH menetapkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2012 bertema Ekonomi Hijau : Ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan. Sedikitnya ekonomi hijau mempunyai 4 unsur, yaitu Pengentasan kemiskinan, pekerjaan yang layak, pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan internalisasi lingkungan dalam semua aktifitas pembangunan. 

Menteri juga mengungkapkan bahwa di tataran nasional Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) di tahun 2020 sebesar 20 persen dengan upaya sendiri dan 14 persen bantuan internasional yang menuntut arah pembangunan yang rendah karbon seiring dengan produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Pada tataran lingkungan warga, telah diperkenalkan pula Program Bank Sampah sebagai turunan dari konsep 3 R ( Reduce, Reuse dan Recyble) dengan slogan From Trash to Cash (dari sampah jadi rupiah). 

Sedangkan untuk kalangan dunia usaha sudah dijalankan Program Peringkat Kinerja LH (PROPER ) dimana bagi perusahaan yang baik akan mendapatkan citra positif dan yang buruk akan mendapat hambatan akses ke bank dan ketika akan go publik. 

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Susanto, SH. MH. Dalam laporannya diantaranya menyampaikan bahwa dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2012 BLH selain memberikan penghargaan kepada warga dan kelompok yang berprestasi juga mengajak dunia usaha dan perguruan tinggi untuk berperan serta dan mendukung wakil Kabupaten Bantul yang akan maju dalam Lomba Kampung Iklim Nasional 2012 di Dusun Gatak Tamantirto Kasihan ini pula. 

"Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia ini, diharapkan akan meningkatkan kesadaran peran kita dalam mengelola dan pelestarian hutan khususnya di Kabupaten Bantul , karena pelestarian hutan juga merupakan tanggungjawab kita bersama." Jelas Susanto,
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger