OPERASI PATUH MERAPI 2012

Rabu, 11 Juli 20120 komentar


Perkembangan perekonomian nasional mendorong meningkatnya taraf hidup masyarakat, kondisi ini membuat mayarakat memiliki banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan, dimana salah satu kebutuhannya adalah berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Hal tersebut meningkatnya pertumbuhan jumlah kendaraan, namun di sisi lain tidak diimbangai dengan perkembangan jalan, sehingga menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas yang semakin parah. Apalagi kontribusi perilaku pengemudi yang tidak disiplin dan masih adanya kendaraan pribadi maupun umum yang beroperasioanal namun tidak laik jalan.

Kurang optimalnya pelaksanaan tugas serta koordinasi dengan instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pembinaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, sehingga berdampak terhadap rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan atau pun ketentuan perundang- undangan lalu lintas.

Masih kurangnya kesadaran warga mayarakat akan berlalu lintas, terutama pengendara ranmor roda dua usia pemula hal ini terbukti masih banyaknya ditemui korban akibat laka lantas, pelanggaran dan kemacetan lalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas tak pernah mengenal waktu, jarak, bahkan tak memilih siapa korbannya, diharapkan kepada masyarakat luas para pemakai kendaraan bermotor dan pengguna jalan bisa memperkecil peluang terjadinya kecelakaan. Mulai dari manjaga stamina saat berkendara, memeriksa kesiapan kendaraan, hingga mantaati peraturan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga dapat menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan displin para pengemudi kendaraan bermotor sekaligus untuk menciptakan situasi yang kondusif dibidang keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas menjelang dan pada saat bulan ramadhan di wilayah hukum polda diy. Polda diy beserta seluruh jajaran dan perkuatannya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat mabes polri bersama satwil selama 14 (empat belas) hari dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif 50 % dan penegakan hukum 50 % secara selektif prioritas di bidang lalu lintas yang didukung dengan kegiatan penyelidikan dan fungsi operaioanal kepolisian lainnya guna menciptakan kondisi yang kondusif dan pada saat bulan ramadhan 1433 H

Penggelaran kekuatan dalam operasi patuh merapi 2012 sebanyak 880 personel terdiri dari Polda DIY 180 personel, Polresta Yogyakarta 155 personel, Polres Sleman 150 personel, Polres Bantul 135 personel, Polres Kulon Progo 130 personel dan Polres Gunungkidul 130 personel.

Sasaran Operasi Meliputi :

Orang     : masyarakat terorganisir / masyarakat tidak terorganisir / mahasiswa / pelajar / lembaga swadaya, kelompok pengemudi angkutan umum, masyarakat sekitar pasar dan terminal. Pengemudi R2/ R4, R6 atau lebih yang tidak tertib, pengemudi kendaraan bermotor / yang terlibat dalam laka tol dan menimbulkan korban massal, pengguna jalan yang kurang mengindahkan keselamatan dan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas.

Benda     :   kendaraan bermotor / tidak bermotor R2, R4 atau lebih yang tidak memenuhi syarat keselamatan, kendaraan ermotor yang terlibat kejahatan, marka jalan / rambu lalin yang tidak sesuai dengan ketentuan, surat-surat kendaraan bermotor dan pengemudi.

Lokasi     :   kawasan / penggal jalan tertentu yang rawan laka dan langgar lalin, kawasan / jalur tertentu yang rawan kesemrawutan, kepadatan an kemacetan lalin, kawasan / area tertentu yang dijadikan tempat balapan liar.

Kasus     :   pelanggaran lalin yang potensial menimbulkan laka dan macet, laka lantas, laka lantas menonjol yang menimbulkan korban masal.

Adapun Target Operasi Adalah :

Terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar, berkurangnya kejadian laka dan jumlah pelanggaran lalin, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan terwujudnya opini yang positif terhadap citra polisi.

Operasi Patuh Merapi 2012 dilaksanakan dari tanggal 4 s/d 17 juli 2012, bertindak selaku Kaopsda, Kapolda DIY  Brigjen Pol Drs. Sabar Rahardjo dan Karendal Opsda, Karo Ops Polda DIY Kombes Pol Drs. Sukamso, M.Si.

​​​​​​​​​​​                                                                            KEPALA BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT



                                                                                    ​Hj. ANNY PUDJIASTUTI, S.Sos, M.Si             ​​​​​​
​​​​​​​​                                                                        AJUN KOMISARIS BESAR POLISI NRP 58110252

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger