UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI LAPANGAN TRIRENGGO BANTUL

Senin, 01 Oktober 20120 komentar




Senin, 01 Oktober 2012, bertempat di lapangan Tri Renggo Bantul, pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila dengan mengambil tema “Kesaktian Pancasila Tonggak Negara Paripurna”. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Dandin 0729 Bantul Letkol Kav. Dedi Setiawan, S. Sos,  bertindak selaku Perwira upacara dan Komandan upacara dari petugas Kodim 0729 Bantul. Upacara Kesaktian Pancasila dihadiri oleh Muspida tingkat II Bantul, Unsur Muspika seluruh Kabupaten Bantul, Para perwira TNI dan Polri, Kepala dinas dan instansi Kabupaten Bantul, Ketua DPRD Bantul, LVRI / PEPBABRI dan para tamu undangan lainya. Adapun peserta upacara adalah unsur TNI / POLRI, Karyawan dinas / instansi, Linmas , Tagana, Siswa SD, SMP, SMA dan Pramuka serta Mahasiswa.

Dalam sambutanya inspektur upacara menyampaikan, tanggal 1 Oktober 1965 telah dilakukan gerakan operasional yang dipimpin oleh Letnan Jendral Suharto sebagai komandan operasional pemulihan keamanan dengan bantuan segenap  potensi masyarakat yang mencintai NKRI. Gerakan operasi tersebut menghancurkan gerakan G 30 S PKI. Dari gerakan tersebut negara kita tetap berdiri teguh dan pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa tetap sakti. Bertolak dari kejadian itulah maka ditetapkan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Untuk itu peringatan hari kesaktian ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran kita sebagai warga negara Indonesia dalam meningkatkan semangat kebangsaan. Upacara tidak sekadar dilaksanakan untuk memenuhi unsur formalitas semata, melainkan dapat mewarnai jiwa dan raga semangat nasionalisme anak bangsa agar senantiasa mencintai tumpah darahnya serta memelihara dan mempertahankan jati diri bangsanya dari pengaruh dan ancaman internal dan exsternal yang dapat meruntuhkan NKRI ini.

Sebelum menutup sambutanya Dandim mengajak kepada masyarakat Bantul agar secara cerdas mengambil prakarsa untuk menguatkan solidaritas antar sesama dengan jiwa kepeloporan dan nilai luhur Idiologi Pancasila, daya intelektualitas dan potensi profesionalitas yang ada dalam diri kita sehingga akan terbangun iklim kondusif, sebagai modal utama dalam mengatualisasikan sendi sendi kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dalam ikatan jiwa dan semangat Bhineka Tunggal Ika.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger