SEMINAR SEHARI TENTANG PENANGGULANGAN KENAKALAN DAN TAWURAN REMAJA, PEMUDA, PELAJAR DAN MAHASISWA DALAM RANGKA MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA

Senin, 22 Oktober 20120 komentar



Kapolres Bantul sedang memberikan Materi seminar
Kapolres Bantul menandatangani Spanduk deklarasi
Pada hari Minggu tanggal 21 Oktober 2012 pukul 07.30 Wib bertempat di Aula Balai desa Panggungharjo Sewon, Bantul telah dilaksanakan Seminar sehari tentang “Penanggulangan Kenakalan dan Tawuran antar Remaja, Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa dalam Rangka menperingati Sumpah Pemuda”. Seminar ini mengambil tema “Ora Tawur Kabeh Dadi Sedulur” dan sebagai nara sumber Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati, Dandim 0729 Bantul Letkol Kav. Dedy Setiawan, S. Sos dan Wakil Bupati Bantul. Adapun hadir dalam acara ini adalah Muspida Bantul, Asisten III Pemda Bantul, Dinas Dikmenof Bantul, Muspika sewon, Lurah Desa se kecamatan Sewon, Karang Taruna sekecamatan Sewon, Kepala Sekolah SMP, SMA/SMK, sekecamatan Sewon beserta masing masing dua siswa dan Kepala sekolah SMA N I Bantul, SMA Muhammadiyah I Bantul beserta masing masing 2 siswa tiap sekolah.

Setelah selesai seminar melakukan foto bersama
Kegiatan ini bertujuan agar para peserta mampu membina mental generasi muda, pelajar dan mahasiswa untuk mencegah adanya tawuran antar pemuda, pelajar dan mahasiswa, memupuk rasa nasionalisme dan kerukunan hidup dan menjalin silahturohmi antar pemuda, pelajar dan mahasiswa serta tokoh masyarakat dan keamanan.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Polsek Sewon dan Forum Karang Taruna Kecamatan Sewon.
Adapun materi yang diambil adalah Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati membawakan materi tentang Tawuran Pelajar dari perspektif hukum dan penanggulanganya, Dandim 0729 Bantul : menumbuhkan rasa cinta tanah air dan persatuan dikalangan generasi pemuda dan Wabup Bantul : peran serta pemerintah daerah dan institusi pendidikan dalam penanggulangan tawuran pelajar dan generasi muda.

Setelah dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ikrar Sumpah Pemuda, Bupati Bantul menyampaikan sambutanya antara lain, tidak bisa dipungkiri bahwa peran generasi muda dalam pembangunan bangsa sangat besar. Presiden pertama, Bung Karno pernah mengatakan “berikan aku seribu orang tua maka akan kucabut gunung Semeru dari akarnya. Berikan aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Pernyataan ini menegaskan tentang potensi para pemuda dan pemudi dalam membangun Indonesia. Ditangan merekalah kita akan menitipkan bangsa ini.

Sejarah mencatat jelas dan nyata besarnya peran para pemuda dalam perjuangan bangsa Indonesia, pemuda tampil menjawab tantangan jamanya sebagai dynamisator, motifator dan katalisator. Ketika bangsa ini masih berkotak kotak, pada tanggal 20 mei 1908 pemuda bangkit bersama Dr Soetomo dan Dr Wahidin Sudiro Husoda mendirikan perkumpulan Budi Utomo yang merupakan salah satu tonggak kebangkitan Nasional. Siiring dan sejalan dengan itu, bangkitlah generasi muda dengan berbagai wadah perjuangan pemuda yang akhirnya bersama berbagai organisasi berkobarlah semangat persatuan dan kesatuan Nasional melalui sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober. Roh dan Jiwa Sumpah Pemuda itulah yang memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional yang akhirnya atas Rahmat Allah Tuhan Yang Maha Esa dan perjuangan segenab bangsa maka bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustua 1945 berhasil memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Menyongsong peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012, kita masih prihatin melihat maraknya kejadian perilaku Aroganisme, perkelahian, bahkan Tawuran, antar Pelajar dan Mahasiswa diberbagai kota. Hal ini kalau dibiarkan berlarut larut akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Oleh karena itu kami bangga kalau pemuda di Bantul bangkit terpanggil untuk mengatasi budaya tersebut diatas dengan menyelenggarakan Seminar ini, dan dengan mengucapkan Bissmillahirohmanirohim maka seminar ini kami buka secara resmi, tutupnya.

Setelah pembawaan materi selesai dilanjutkan diskusi, deklarasi dan Penanda tanganan spanduk kemudian acara dilanjutkan Isoma dan pembagaian Door Prize. Setelah jam menunjukan pukul 13.30 wib acara ditutup dengan doa dan menyanyikan lagu Padamu Negeri. Giat selesai dalam keadaan Situasi aman dan tertib.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger