KAPOLRES BANTUL PIMPIN APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA OPERASI LILIN MERAPI 2012

Jumat, 21 Desember 20120 komentar



Polres Bantul laksanakan apel gelar pasukan operasi lilin Merapi  2012 di halaman Mapolres Bantul, Jumat, 21 Desember 2012 pukul 09.00 wib. Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati dan dihadiri oleh Muspida kabupaten Bantul, Para pejabat instansi terkait, para perwira, dan para kapolsek. Peserta apel terdiri dari pasukan TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Pol PP Kab. Bantul, PNBB dan ormas.
Amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Bantul menyampaikan antara lain,  puji syukur seraya kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas limpahan rahmat dan karunia–nya, sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan hadir di tempat ini dalam rangka apel gelar pasukan operasi “lilin - tahun 2012”.

Apel gelar pasukan, yang kita selenggarakan secara serentak, dari tingkat Mabes Polri hingga seluruh satuan di kewilayahan pada hari ini, merupakan bentuk kesiapan semua unsur perkuatan yang terlibat dalam rangka pengamanan Natal tahun 2012 dan tahun baru 2013. Melalui kegiatan ini, kita telah diyakinkan adanya respon, kesiapan dan kesadaran dari semua unsur pelaksana operasional untuk menyelaraskan pemikiran, komitmen, upaya dan semangat guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat sehingga seluruh tahapan kegiatan natal 2012 dan tahun baru 2013 dapat diselenggarakan dengan aman, nyaman dan lancar.

Situasi kamtibmas aman, dan kondusif yang mampu menjamin peningkatan aktifitas dan mobilitas masyarakat, merupakan dambaan serta harapan kita semua. Polri sebagai institusi yang dipercaya menyelenggarakan keamanan tersebut, dituntut mampu melakukan manajemen keamanan secara sistemik, terpadu dan komprehensif melalui pelibatan seluruh komponen serta stake holder lainnya, sehingga dua agenda penting hari besar keagamaan bagi umat kristiani dan perayaan tahun baru 2013 dapat berlangsung secara tertib, lancar dan aman.

Rencana pengamanan tepadu di atas, secara nyata telah diimplementasikan melalui apel gelar pasukan dengan menghadirkan seluruh kekuatan lintas sektoral, baik dari jajaran TNI, unsur - unsur pemerintah serta elemen masyarakat lainnya. Melalui mekanisme komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi yang intens dari seluruh komponen pengamanan tersebut, telah membuat kerjasama yang terbangun selama ini semakin kokoh sehingga dapat memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan tersebut, kita laksanakan sebagai upaya untuk pengecekan akhir terhadap pelibatan kekuatan, kelengkapan
Sarana prasarana pendukung, serta rencana tindakan yang tepat didasarkan pada analisis dan inventarisasi hakekat ancaman yang valid dan up to date, sehingga semua tahapan penyelenggaraan pengamanan natal dan tahun baru tersebut dapat terselenggara dengan baik sesuai harapan kita semua.

Hari natal sebagai hari besar keagamaan bagi saudara kita umat kristiani, akan dilalui dengan berbagai bentuk peribadatan di gereja maupun di tempat - tempat lain, demikian juga perayaan tahun baru 2013, juga akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan serta mobilisasi massa dalam jumlah besar yang terkonsentrasi pada pusat - pusat aktivitas maupun lokasi tertentu.
Moment penting kedua agenda tersebut, berlangsung bersamaan waktunya dengan masa liburan sekolah, oleh sebab itu, diprediksi akan semakin meningkatkan mobilitas dan intensitas kegiatan terutama di jalan - jalan protokol, pusat - pusat perbelanjaan, tempat hiburan, lokasi pariwisata, serta jalur lalu lintas lain yang pada puncaknya akan terjadi pada malam pergantian tahun baru.

Situasi dan kondisi di atas, tentu menyimpan berbagai potensi gangguan dan kerawanan. Sesuai analisa dan evaluasi pelaksanaan "operasi lilin" di seluruh wilayah indonesia dua tahun yang lalu, komparasi data menunjukkan trend peningkatan yang cukup signifikan terutama pada beberapa gangguan kamtibmas, seperti : perkelahian, penganiayaan, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor.

Data jumlah kejadian yang termasuk dalam 11 kasus menonjol dibidang kriminalitas, meningkat dari 629 kasus di tahun 2010 menjadi 1.446 kasus di tahun 2011. Begitu juga kecelakaan lalu lintas, mengalami peningkatan, dari 583 kasus pada tahun 2010, meningkat menjadi 2.869 pada tahun 2011. Peningkatan seperti ini, juga tejadi pada jumlah pelanggaran lalu lintas dari 89.620 kasus pada tahun 2010 menjadi 155.343 kasus pada tahun 2011.

Berdasarkan data kuantitatif diatas, pelaksanaan operasi “lilin tahun 2012” akan tetap memfokuskan perhatian dan antisipasinya pada peningkatan kriminalitas, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Sekalipun demikian potensi gangguan lain yang tidak kalah penting juga harus terus kita waspadai, seperti masih adanya potensi ancaman terorisme, peredaran gelap narkoba, serta berbagai potensi konflik sosial, yang dapat terjadi setiap saat selama kegiatan operasi ini berlangsung. Oleh karena itu, tahapan pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, yang cenderung mendorong untuk under estimate dan mengurangi tingkat kesiapan serta kewaspadaan kita, sebaliknya harus dijabarkan sebagai operasi kepolisian yang penting, krusial dan sangat serius sehingga memerlukan langkah – langkah antisipasi melalui perencanaan, kesiapan yang matang, dan tindakan yang tepat.

Pelaksanaan operasi ”lilin - 2012” ini, akan digelar selama 10 hari, mulai tanggal 23 desember 2012 s.d 1 januari 2013. Kegiatan operasional kepolisian terpusat ini, merupakan operasi kemanusiaan terpadu yang lebih mengedepankan tindakan preventif dengan didukung kegiatan deteksi dini dan tindakan penegakan hukum. Disamping itu, pola pengamanan operasi ditetapkan berdasarkan karakteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat, melalui pembagian daerah operasi yang terdiri dari 14 Polda masuk pada kategori prioritas I, dan 17 polda masuk pada kategori prioritas II.

Pada operasi tersebut, kita akan melibatkan 101.540 personel gabungan, yang terdiri dari 82.723 personel Polri, 3.793 personel tni, 15.024 instansi terkait, serta komponen masyarakat lainnya. Gabungan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.887 pos pengamanan dan 754 pos pelayanan yang tergelar di berbagai lokasi perayaan natal dan tahun baru di seluruh wilayah Indonesia, seperti tempat - tempat ibadah, obyek wisata, jalur lalu lintas orang dan barang, serta lokasi yang menjadi pilihan masyarakat dalam merayakan pergantian tahun.

Pelibatan dan penggelaran personel didukung pengarahan sumber daya organisasi tersebut di atas, diharapkan dapat mendukung tercapainya target operasi, yaitu:

Terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan aktivitas, baik pada saat beribadah, berwisata, maupun berbagai aktivitas lainnya. Terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, khususnya pada titik - titik rawan kemacetan. Menurunnya jumlah angka kecelakaan lalu lintas, terutama korban meninggal dunia, luka berat dan kerugian materiil lainnya. Tertanganinya kejadian bencana dengan cepat, melalui penyelamatan dan pertolongan korban yang dilakukan secara sinergis oleh seluruh unsur pelaksana terkait.

Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan operasi lilin tahun ini, agar melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya, serta senantiasa mengutamakan sinergitas dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, baik menjelang, pada saat, maupun pasca perayaan natal 2012 serta tahun baru 2013 sebagaimana yang diharapkan.

Perlu dipahami bersama, bahwa menjalankan tugas dan pengabdian secara ikhlas pada operasi lilin ini merupakan hal yang sangat mulia. Untuk itu, ada beberapa perhatian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, yaitu : Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tunjukkan komitmen moral serta etos kerja melalui tampilan sikap dan tindakan simpatik yang mencerminkan karakter jati diri pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Optimalkan peran intelijen dan babinkamtibmas, dengan meningkatkan kegiatan deteksi dini untuk mengetahui dinamika aktual yang berkembang di masyarakat, sehingga timbulnya potensi gangguan kamtibmas dapat dicegah. Tingkatkan pengamanan, pengawasan dan kewaspadaan terhadap terjadinya aksi teror yang mungkin akan memanfaatkan momentum natal dan tahun baru. Gelar kekuatan pada pos – pos pengamanan dan pelayanan pada obyek vital, pusat kegiatan masyarakat dan titik - titik rawan kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Bertindaklah secara tegas, namun santun dan humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Tingkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas seluruh anggota di lapangan. Berikan koreksi yang konstruktif agar dapat mencegah terjadinya tindakan yang kontra produktif dan merugikan masyarakat. Pererat kerjasama dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selanjutnya dalam amanatnya Kapolri mengajak kepada semua komponen yang terlibat dalam operasi kepolisian ini, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh organisasi perserikatan bangsa - bangsa dan pemerintah dalam rangka safety riding guna menekan angka kecelakaan lalu - lintas, maka diharapkan saudara - saudara dapat berperan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya, sehingga dimasa mendatang masyarakat kita semakin menyadari bahwa keselamatan adalah suatu kebutuhan, dan pastinya kebutuhan akan keselamatan itu harus diiringi dengan mematuhi peraturan lalu lintas.

Sebelum mengakhiri amanat ini, selaku pimpinan polri, Kapolri mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan operasi ”lilin - 2012”. Semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan yang Maha Esa.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian, dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. “selamat hari raya natal tahun 2012 bagi yang merayakan, dan selamat tahun baru 2013”, tutup amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Bantul.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger