MENEBANG POHON ! AWAS LISTRIK TEGANGAN TINGGI

Minggu, 24 Februari 20130 komentar



Sehubungan dengan sering adanya musibah yang disebabkan penebangan pohon yang berdekatan dengan aliran listrik sehingga menyebabkan penebang tersengat listrik dan meninggal, maka Humas Polres Bantul menghimbau kepada masyarakat bahwa :

Kepada pihak PLN dihimbau agar kembali mensurvei keberadaan pohon yang dekat dengan kabel jaringan listrik dan mengambil langkah langkah demi keamanan masyarakat dan jaringan kabel listrik itu sendiri. Sehingga musibah seperti warga meninggal karena menebang pohon dan tersengat listrik selama dua hari berturut turut di wilayah Sanden dan Srandakan tanggal 21 dan 23 Februari 2013 tidak terulang lagi.

Kepada masyarakat Jangan memotong pohon yang dekat dengan jaringan listrik. Jika pohon-pohon menjadi masalah dan tumbuh ke dalam jaringan listrik maka anda mungkin perlu menghubungi perusahaan listrik. PLN kemungkinan besar akan mengirimkan seorang profesional untuk memangkas pohon untuk Anda.

Apabila anda memaksakan diri untuk memangkasnya, agar dipelajari dulu situasi dan posisi pohon dengan kabel jaringan listriknya. Tentukan teknik menebang yang aman. Dan yakinkan pada diri anda sendiri bahwa yang akan anda kerjakan ini sudah dijamin aman. Apa bila anda masih ragu keamananya maka jangan lakukan. Anda perlu memanggil seorang profesional untuk membantu.

Perlu anda diketahui bahwa aliran listrik dapat mengalir pada batang kayu maupun daun yang menempel pada kabel jaringan listrik, ini perlu andai waspadai.

Selalu menggunakan tangga dan kabel pengaman ketika Anda pemangkasan pohon-pohon yang sangat tinggi. Ini akan membantu menjaga Anda aman dari jatuh saat Anda diatas.
Jangan memotong pohon-pohon ketika Anda sendirian di rumah. Anda harus selalu memiliki teman untuk membantu Anda sementara Anda bekerja di pohon. Ini sangat penting karena bila terjadi kasus anda bisa cepat meminta bantuan kepadanya.

Sudah banyak timbul korban meninggal tersengat listrik yang disebabkan karena menebang pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik. Waspadalah ! sekali lagi waspadalah ! 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger