INFO TEMPAT TEMPAT WISATA YANG ADA DI WILAYAH HUKUM POLRES BANTUL BAG 1

Kamis, 31 Juli 20141komentar



Oleh :
HERMAN SUSILO
AIPTU NRP 71050050
Ps. KAUR MINTU SAT SABHARA POLRES BANTUL

Kadangkala kita bingung menentukan tempat hiburan ketika waktu liburan tiba. Ketika liburan sekolah tiba, putra putri anda mengajak liburan ke tempat tempat rekreasi namun anda bingung menentukan tempat rekreasi. Oleh karena itu saya akan coba membantu dengan menginformasikan kepada anda tempat tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polres Bantul yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata yang ada diluar Bantul.

Secara kebetulan, saya bertugas di Sat Sabhara Polres Bantul yang pada suatu saat saya mendapat perintah untuk mengumpulkan data data tempat pariwisata yang ada di wilayah Hukum Polres Bantul untuk dijadikan bahan pemetaan wilayah wisata guna menunjang tugas tugas pengamanan dan pelayanan Polres Bantul. Dan saya pikir data data tersebut selain berguna untuk menunjang tugas tugas kepolisian juga mungkin berguna untuk referensi anda dalam mencari tempat hiburan untuk melepas penat melupakan kesibukan sehari-hari sambil menikmati keindahan alam sehingga bikin kepala jadi fresh lagi.

Kabupaten Bantul memiliki aneka ragam daya tarik wisata baik alam, buatan, maupun cinderamata. Bantul juga dikenal dengan desa wisata yang menawarkan nuansa alam pedesaan dan kehidupan penduduknya, sehingga tidak menutup kemungkinan Bantul merupakan tujuan Wisata  baik dari dalam negeri maupun manca negara. Oleh karena itu maka data data tersebut akan saya sajikan kapada anda seperti berikut ini :

 
A.        DAYA TARIK WISATA ALAM

KAWASAN WISATA PANTAI PARANGTRITIS

Terletak sekitar 27 Km selatan Kota Jogja, Parangtritis merupakan kawasan wisata pantai dengan pantai yang landai berpemandangan bukit berbatu di timur dan utara serta hamparan pasir yang memanjang sekitar 3 Km dari timur ke barat. Wisatawan dapat menikmati kawasan ini dengan berkeliling naik bendi/kuda. Ada banyak daya tarik wisata yang bisa dinikmati wisatawan di kawasan ini, diantaranya :

Pantai Parangendog

Berada di bagian paling timur dari kawasan ini dengan pemandangan bukit berbatunya. Nama “Parangendog”berasal dari kata “parang” yang batu dan “endog” yang berarti telurKonon dahulu di tempat ini terdapatbanyak batu yang berbentuk dan menyerupai telur. Namun sekarang batu ini sudah sulit dijumpai, untuk sampai di ujng terdapatbendi yang akan mengantar jalan di sepanjang pinggir pantai. Informasi hubungi Telp. 0274-9179524. sdr Sarjuno.

Pantai Parangtritis

Merupakan daya tarik wisata utama di kawasan ini degan pantai yang landai. Ombak besar yang bergulung-gulung ke pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bermain-main di air. Nama “Parangtritis” berasal dari kata “parang” yang berarti batu dan “tritis” yang berarti air yang menetes. Kawasan ini merupakan yang paling Banyak dikunjungi untuk menikmati suasana pantai yang sedikit agak datar dan landai. Untuk informasi lebih lanjut bungi sdr –Sumarman Hp : 081392073726.

Cepuri dan Pantai Parangkusuma

Merupakan salah satu tempat yang dipandang keramat di kawasan ini. Dalam keyakinan Jawa, Cepuri Parangkusuma merupakan tempat bertemunya Penembahan Senopati - Raja I kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat -dengan Kanjeng Ratu Kidul Penguasa laut selatan. Sedang Pantai Parangkusuma diyakini sebagai pintu gerbang Keraton Gaib Laut Selatan. Di kedua tempat inilah acara labuhan dipusatkan dan diadakan. Selain itu masyarakat sekitar juga masih banyak yang percaya , terutama jika malam Jumat Kliwon  Dan Selasa kliwon pasti banyak yang mengadakan ritual sesaji ditempat ini.

Pantai Depok

Terletak di ujung barat Kawasan Wisata Parangtritis. Pantai Depok merupakan pusat wisata kuliner seafood. Wisatawan dapat membeli berbagai ikan laut segar dan langsung dapat menikmatinya di warung-warung yang tersebar disekitarnya dengan harga terjangkau. Dan tempat ini memang lagi terkenal  sebab terdapat TPI (tempat  pelelangan Ikan) yang langsung dari nelayan Pantai Depok dan Masyarakat dapat membeli langsung ikan hasil tangkapan Nelayan.

Gumuk Pasir

Di sebelah barat Pantai Parang Tritis, terdapat gumuk pasir (padang pasir). Bagi orang awam, keberadaan hamparan pasir di dekat pantai bukanlah sesuatu yang mengherankan. Padahal, gumuk pasir Parang Tritis atau Parang Kusumo ini sangat unik, karena terbentuk di daerah yang curah hujannya tinggi. Bahkan, menurut data yang ada, gumuk pasir ini merupakan satu-satunya gumuk pasir di Asia Tenggara.


Pemandian Parangwedang

Parangwedang merupakan sumber air panas yang memancar dan ditampung di dalam kolam penampungan. Wisatawan dapat menikmatinya dengan berendam di kamar-kamar yang telah tersedia. Diyakini sumber air ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Parang Wedang terletak sebelum anda memasuki kawasan wisata parangtritis hanya beberapa meter saja atau, sekitar 30 km dari kota yogyakarta.

Pasarean/Petilasan

Di kawasan Pantai Parangtritis terdapat beberapa Pasarean / Petilasan yang pada hari-hari tertentu khususnya malam Jumat/Selasa Kliwon dan selama Bulan Sura ramai dikunjungi peziarah. Beberapa pasarean/petilasan yang biasa disebut adalah : Pasarean Syeh Maulana Maghribi, Syeh Bela-belu dan Kyai Selohening.




Laboratorium Geospasial

Laboratorium ini merupakan laboratorium alam tentang gumuk pasir yang dikelola atas kerjasama Fakultas Geografi UGM dengan Pemeirntah Kabupaten Bantul Lokasinya di timur laut Pantai Depok. Untuk informasi obyek ini silahkan hubungi sdr. Giyono Yulianto telp.: 0274 7101776.





Agenda Wisata Religi di kawasan pantai Parangtritis

1.    Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri, merupakan upacara yang diadakan oleh warga setempat, diselenggarakan setiap Selasa Wage bulan Mei atau Juni, mulai jam 11.00 WIB.
2.    Labuhan Hondodento, merupakan upacar yang diadakan oleh Yayasan Hondodento setiap tanggal 15 Bulan Sura, mulai jam 07.00 WIB.
3.    Labuhan Keraton Ngayogyakarta, dilaksanakan setiap tanggal 30 Bulan Rejeb, dimulai jam 08.00 WIB.
4.    Labuhan Mina Bahari 45, merupakan upacara yang diadakan oleh para nelayan Pantai Depok, dilaksanakan pada Hari Kamis atau Senin Wage Bulan Sura, mulai jam 13.00 WIB.
5.    Peh Cun, merupakan upacara ritual yang dilaksanakan oleh Persaudaraan Masyarakat Jogjakarta, dilaksanakan setiap tanggal 5 Bulan 5 Tahun Imlek, mulai jam 11.00 WIB. Upacara ini dimeriahkan dengan festival Liong dan Barongsay.
6.    Festival Layang-layang, diadakan pada salah satu Hari Sabtu-Minggu Bulan Agustus setiap tahunnya.
7.    Upacara Melasti ,Diadakan di Pantai parangkusumo dalam rangkaian hari besar Nyepi Bagi umat Hindu /Budha Yg ada di wilayah Yogyakarta.



KAWASAN WISATA SAMAS

Kawasan Wisata Samas terletak di sebelah barat Kawasan Wisata Parangtritis, dibatasi oleh Sungai Opak. Letaknya sekitar 27 Km selatan Kota Jogja. Dari arah Pojok Beteng Kulon langsung ke selatan melalui jalan Bantul terus jalan samas sampai di kawasan Obyek wisata Pantai Samas. Untuk informasi lebeh lanjut tentang pantai samas silahkan hubungi sdr. Sadino telp.: 0274 7193493.

Pantai Samas

Pantai Samas memiliki ombak laut yang besar, disini terdapat delta sungai dan danau air payau yang terbentuk secara alami. Selain itu juga terdapat penangkaran penyu oleh nelayan setempat.






Pantai Patehan

Lokasi pantai ini ada di barat Pantai Samas. Biasanya  ditempat ini digunakan untuk Kemah Pramuka untuk tingkat Kabupaten Bantul Sendiri maupun untuk tingkat Propinsi. Di komplek pantai ini, juga terdapat mercusuar sebagai panduan bagi para pelaut/nelayan yang sedang berlayar di laut selatan.




Agenda Wisata Religi

Upacara Tumuruning Mahesa Sura, merupakan upacara yang dilaksanakan oleh warga setempat setiap Malam 1 Sura, mulai jam 20.00 WIB. Labuhan Bekti Jalanidhi, dilaksanakan oleh para nelayan Samas setiap Minggu Pon atau Jumat Kliwon Bulan Sura, mulai jam 09.00 WIB.





KAWASAN WISATA PANDANSIMO

Terletak sekitar 30 Km barat daya Kota Jogja. Daya tarik ini merupakan kawasan pantai paling barat di wilayah Kabupaten Bantul dan berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo. Selain pantai ini menyajikan alam  pemandangan laut yang luas juga lokasi pantai paling barat di wilayah kab Bantul ini juga dipakai sebagai uji coba Roket oleh LAPAN dan juga Even lomba peluncuran Roket dari berbagai perwakilan Universitas di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi sdr. Jumail No. Telp.: 081578750956.

Pantai Pandansimo

Pantai ini terletak di dekat muara Sungai Progo dengan ombak yang cukup besar. Disini wisatawan dapat \ membeli ikan laut segar dan dapat juga langsung menikmatinya.







Petilasan

Di Kawasan Wisata Pandansimo juga terdapat petilasan yang pada saat-saat tertentu ramai diziarahi. Petilasan itu adalah : Petilasan Pandansimo, Pandanpayung, Pandansari, dan Pandansegegek.





Agenda Wisata Religi

Agenda  wisata Religi yang rutin diadakan setiap tahunnya adalah Labuhan Mina Samodra yang diadakan oleh nelayan Pandansimo. Dilaksanakan pada Hari Minggu pertama setelah Hari Raya Idul Fitri/Lebaran. Namun bila Hari Minggunya jatuh pada pasaran Pon, upacara diadakan maju pada Hari Sabtu Pahing.




Pantai Kwaru

Pantai ini terletak di sebelah timur Kawasan Pantai Pandansimo, sekitar 28 Km barat daya Kota Jogja. Pantai ini merupakan pantai nelayan dimana wisatawan dapat membeli hasil tangkapan nelayan, dan merupakan tempat wisata Kuliner laut. Informasi pantai Kwaru ke Sdr. Sudi Mulyo no.Telp : 08132869581.




GOA CERME

Goa yang terletak di Desa Selopamioro, Imogiri sekitar 25 Km tenggara Kota  Jogja ini masih alami dengan mulut yang terletak di Dusun Srunggo dan ujungnya berada di Dusun Ploso, Giritirto, Panggang. Panjang goa ini sekitar 1200m dengan sungai bawah tanahnya. Wisatawan dapat melaksanakan eaving/susur goa dan menikmati keindahan stalaktit-stalakmitnya. Di dalam goa terdapat beberapa lorong yang membentuk goa-goa kecil dan dipakai untuk menyepi. Beberapa goa kecil yang bisa disebutkan adalah : Goa Dhalang, Ledhek, Badhut, dan Kaum. Informasi Goa Cerme Ke Sdr. Ngadilan No.Telp.: 085782207814.

Agenda Wisata Religi

Agenda wisata Religi yang rutin diadakan disini adalah Upacara Jodhangan Goa Cerme yang dilaksanakan oleh warga Dusun Srunggo. Upacara ini dilaksanakan pada Hari Minggu Pahing Bulan Besar. Bila tidak ada Minggu Pahing, upacara dilaksanakan pada Bulan Sura dengan hari yang sama.





GOA SELARONG

Terletak di Dusun Kembangputihan, Guwosari, Pajangan, sekitar 10 Km barat daya Kota Jogya. Goa ini merupakan goa bersejarah dimana pada jaman perjuangan antara tahun 1825-1830 di pakai oleh Pangeran Diponegoro dan pasukanya untuk menyusun strategi melawan penjajah. Disini terdapat 2 buah  goa utama yaitu Goa Kakung dan Goa Puteri. Sisa-sisa sejarahnya masih bisa dijumpai di komplek goa ini. Untuk informasi tempat ini salahkan Hubungi Sdr. Jumino  08122963807.

Agenda Wisata Religi

Agenda Wisata Religi yang rutin diadakan adalah Grebek Selarong, yang dilaksanakan pada salah satu hari Minggu di bulan Juli atau Agustus. Pelaksana upacara ini adalah Yayasan Projotamansari. Yang diikuti oleh seluruh warga desa Goasari Pajangan dimana menyajikan berbagai macam kesenian dan jodangan( hasil pertanian/bumi yang di arak dari Balai desa Sampai ke taman parkir  Goa Selarong.kemudian mengadakan doa bersama dalam upacara Ritual yang dipimpin sesepuh desa tersebut.  Yang dulu konon sebagai Tempat Persembunyan  Pangeran Diponegoro. Pada Masa Penjajahan.

GOA GAJAH

Daya tarik wisata ini terletak di Dusun Mangunan, Dlingo, sekitar 25 Km tenggara Kota Jogja. Dinamai Goa Gajah karena terdapat gumpalan batu yang bentuknya menyerupai kepala seekor gajah. Juga terdapat stalaktit dan stalakmit di dalamnya informasi silahkan hubungi ke 0816689425.



GOA JEPANG

Di Desa Seloharjo, Pundong- sekitar 20 Km selatan Kota Jogja – terdapat goa peninggalan Bangsa Jepang yang dipakai sebagai tempat pengintaian dan basis pertahanan. Disini terdapat 1 goa yang berfungsi sebagai dapur, 1 bunker, dan 14 goa untuk pengintaian. Dari komplek goa ini, wisatawan dapat menikmati hamparan laut selatan dari atas ketinggian. Informasi Goa Gajah Ke sdr. Saleh udin 0274 4340620.

                                                                                   
                                                                                Lanjut ke halaman berikutnya >>>




Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 September 2020 pukul 11.08

pengen ke Goa Selarong deh

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger