INFO TEMPAT TEMPAT WISATA YANG ADA DI WILAYAH HUKUM POLRES BANTUL BAG. II

Jumat, 05 April 20130 komentar



B.        DAYA TARIK WISATA BUATAN 

MUSEUM WAYANG KEKAYON 

Museum ini terletak di Jl. Wonosari Km 7, buka setiap hari dari jam 09.00-16.00 WIB. Museum ini memiliki koleksi wayang dan boneka dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Benda-benda ini mulai dikoleksi sejak tahun 1966. Selain itu juga terdapat koleksi beberapa pohon langka sepertii pohon bhoudy, elo, nogosari, dan suko. Fasilitas bangunan yang ada adalah 1 ruang auditorium dengan audio visualnya, 10 unit bangunan museum, gedung induk dengan arsitektur khas Jawa, pendapa, dan gazebo. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-379058.

MAKAM RAJA-RAJA KOTA GEDE

Terlrtak di dusun Dondongan,Desa Jagalan Bangutapan Bantul. Sekitar 5 Km tenggara Kota Yagjakarta di tempat ini terdapat makam Panembahan Senopati dan 2 buah sendang Pengunjung dapat masuk ke tempat  ini Setiap hari minggu, senin, dan kamis tiap Jam 09.00 s/d 11.00.



MUSEUM DIRGANTARA MANDALA

Terletak di Komplek Lanud Adisucipto. Diresmikan penggunaannya pada 29 Juli 1978. Museum ini mempunyai koleksi 10.000 komponen alat utama sistem pertahanan (alutsista), 40 pesawat terbang, diorama, foto-foto, lukisan, tanda kehormatan, dll. Museum buka setiap hari. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-484452.



MUSEUM PADEPOKAN SUMBER KARAHAYON

Terletak di Dusun Tegal Jatimulyo, Jambidan, Banguntapan, Museum ini berasal dari keluarga Yayasan Hondodento. Yang sekarang masih dilestarikan oleh penerusnya , dn juga masih ada kegiatan padepokan jika akan mengadakan upacara Ritual.




MUSEUM BATIK “CIPTOWENING”

Terletak di Dusun Ketandan Tengah, Imogiri, Imogiri (utara bekas pasar Imogiri). Museum ini berisi alat-alat dan bahan untuk membatik. Museum ini mengoleksi berbagai macam motif / kain batik kuno atau klasik. Wisatawan juga bisa membeli batik di museum ini. Buka dari Selasa-Minggu jam 09.00-15.00, hari  Senin dan hari besar, museum tutup. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-6568279.


MUSEUM TANI JAWA INDONESIA

Terletak di Dusun Candran, Kebonagung, Imogiri. Museum ini mengoleksi alat-alat pertanian tradisional sampai modern seperti luku, garu, grobag, pacul, dlll. Yang biasa dipergunakan oleh masyarakat petani di  Kabupaten Bantul. Museum ini juga mengupayakan budidaya tanaman pertanian tempo dulu sampai temuan modern yang berhubungan dengan bidang pertanian.
Agenda budaya tahunan yang diadakan secara rutin adalah :

1.    Bulan Januari             : lomba tanam padi
2.    Bulan Maret                : lomba masakan tradisional
3.    Bulan Mei                   : pentas seni tradisi dan budaya Jawa
4.    Bulan Juli                    : Festival Memedi Sawah
5.    Bulan September      : pentas seni tradisi tani
6.    Bulan November        : ekspo hasil pangan

Museum buka setiap hari mulai jam 08.00-15.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Kristyo Bintoro, Telp. 0274-7865311, 7892762.

BUKIT BINTANG HARGO DUMILAH

Tempat ini merupakn jalan yg menghubungkan Bantul dgn Kab. Gunungkidul dimana melewati bukit Yang dapat melihat kecamatan Piyungan dengan pemandangan Yng indah, terletak di jalan WoNosari. Sebelum bukit patuk Gunung Kidul.






KIDS FUN PARK

Taman rekreasi keluarga Kids Fun Park terletak di Jl. Wonosari Km. 10, Piyungan. Terdapat aneka permainan anak-anak dan orang dewasa seperti grand canyon, kolam renang, arena gokart dll. Juga tersedia beberapa kafe dengan berbagai jenis  makanan. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-4353435.



TAMAN REKREASI TIRTOTAMANSARI

Terletak di pusat Kota Bantul, tepatnya dari Masjid Agung Bantul ke timur sekitar 500m. Tempat rekreasi ini menyediakan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak serta arena bermain anak-anak. Tersedia juga restoran-gazebo dengan aneka jenis makanan dan minuman. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-7822786.



BLAWONG WATER PARK

Terletak di jalan raya pasar ngipik - Pleret, desa blawong ,Jambidan Banguntapan Bantul,Perempatan KaRangturi Ringrood selatan Ke timur Sekitar 2 Km. Bersebelahan dgn  Pompa Bensin Jl.Pleret – Jogja. Menyedikan ragam  Permainan kolam renang,Water Byur  Dan permainan air. Untuk Jelasnya hubungi ke 0274 4435645.




WATER PARK TAMAN GABUSAN

Terletak di jalan Parangtritis Km 5 , di komplek pasar seni Gabusan ,Sewon, Bantul, menyediakan aneka permainan air Yang merupakan tempat wisata sekaligus Berbelanja di sekitas pasar seni Gabusan .







TEGAL BENDUNG JETIS

Terletak di batas kec. Jetis dan Imogiri Merupakan bendungan untuk irigasi sawah yang dipakai Lomba Dayung tingkat nasional dan Biasanya dipakai ntuk upacara peh-cunLokasi di  perempatan Bakulan Ke timur atau SMP Jetis Jl Parangtritis ke arah Timur kira-kira 5 Km. Di alur kali Oyo.




AGROPOLITAN MANGUNAN

Daya tarik wisata di Desa Mangunan Dlingo ini mempunyai pemandangan yang indah karena terletak di area perbukitan dengan  hawa yang segar dan menawarkan aneka jenis buah-buahan. Selain itu juga terdapat camping ground dan lintasan untuk sepeda gunung. Informasi tempat ini ubungi sdr. Sumadi : Telp. : 0816689425.



HUTAN PINUS

Terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ada sebuah hutan pinus indah yang siap menanti kedatangan Anda. Hutan ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota. Siap-siaplah untuk bertemu jalan berkelok jika ingin berkunjung ke sini. Meskipun medan untuk sampai di sini berat tapi hal tersebut pasti akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Anda akan disambut dengan hutan pinus yang berudara sejuk. Ratusan bahkan ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi, serta rumput nan hijau yang segar, menjadi pemandangan apik sepanjang mata memandang.

AGROWISATA ARGOREJO

Agrowisata ini terletak di Dusun Polaman, Argorejo, Sedayu, sekitar 15 Km barat Kota Jogja. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati aneka produk jamur merang dan buah pisang. Selain itu wisatawan juga dapat memancing dan menikmati langsung hasilnya. Juga tersedia kolam renang untuk anak-anak.





MAKAM RAJA-RAJA MATARAM IMOGIRI

Makam ini terletak di sebuah bukit di Pajimatan, Girirejo, Imogiri, sekitar 20 Km tenggara Kota Jogja. Komplek makam ini dibangun oleh Sultan Agung Hanyokrokusuma-raja terbesar Dinasti Mataram Islam-antara tahuun 1613-1645. Area makam dibagi menjadi 2 bagian yaitu Makam Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (sebelah timur) dan Makam Kasunanan Surakarta (sebelah barat). Untuk menuju komplek ini, wisatawan harus menaiki sekitar 245 buah anak tangga dan harus berpakaian adat Jawa.

Agenda Wisata Religi

Agenda wisata Religi yang rutin dilaksanakan di komplek ini adalah Upacara Nguras Enceh/Kong. Upacara ini diadakan oleh abdi dalem dari 2 keraton dan dilaksanakan setiap Jumat atau Selasa Kliwon Bulan Sura, mulai jam 08.00 WIB.





MAKAM SENIMAN GIRISAPTO

Komplek makam ini juga terletak di Pajimatan, Imogiri, berada di sebelah barat komplek Makam Raja-raja Mataram Imogiri. Komplek makam ini merupakan tempat pemakaman para tokoh seniman dan budayawan. Komplek ini dibangun oleh Alm. Sapto Hudoyo, dimana beliau juga dimakamkan di tempat ini.


PASAR SENI GABUSAN (PSG)

Pasar Seni Gabusan terletak di Jl. Parangtritis Km 9,5 di kawasan segitiga Gabusan-Manding-Tembi. PSG merupakan ruang pamer dan penjualan berbagai jenis kerajinan dan makanan tradisional yang ada di Kabupaten Bantul. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 0274-7490553.




                                                                                     ke halaman berikutnya >>>
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger