INFO TEMPAT TEMPAT WISATA YANG ADA DI WILAYAH HUKUM POLRES BANTUL BAG III

Sabtu, 06 April 20131komentar



C.        DESA WISATA

DESA WISATA KASONGAN

Desa wisata ini terletak di Bangunjiwo, Kasihan, sekitar 6 Km selatan Kota Jogja. Di desa wisata ini diproduksi berbagai jenis dan bentuk cinderamata dari tanah liat/gerabah. Selain dari tanah liat, wisatawan juga dapat menikmati aneka cindera mata dari bahan lain. Wisatawan dapat menginap, merasakan cara kehidupan penduduk setempat, dan dapat pengalaman membuat anek kerajinan/cinderamata dari tanah liat. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Suburjo, Telp. 081392821310.

RUMAH BUDAYA TEMBI

Terletak di desa Timbulharjo sewon BantulRumah ini berarsitektur Jawa lengkap denganPerlengkapan tradisional Jawa pengunjung Dapat menikmati budaya Jawa dan penginapanAla jawa Tradisional juga dapat sebagai Tempat rapat, Resepsi Pernikahan dan lain lain. Untuk informasi tempat ini ke : o274 368000 dan 368004.



DESA WISATA TEMBI

Desa wisata ini berada di Desa Timbulharjo, Sewon, sekitar 9 Km selatan Kota Jogja. Wisatawan dapat tinggal di homestay dengan arsitektur Jawa dan merasakan kehidupan sehari-hari  penduduk setempat seperti beternak, bertani, dan berolah seni. Di Desa Wisata Tembi terdapat Rumah Budaya Tembi yang berasitektur Jawa, lengkap dengan peralatan tradisional yang digunakan sehari-hari oleh penduduk asli. Rumah budaya ini menyediakan tempat/rumah untuk menginap para wisatawan. Wisatawan juga dapat menikmati kesenian tradisional Jawa yang secara rutin diadakan. Untuk informasi lebih lanjut silakan Menghubungi : Telp. 0274 368000, 368004.

DESA WISATA KEBONAGUNG

Di Desa Wisata Kebonagung, Imogiri-sekitar 20 Km selatan Kota Jogja, wisatawan akan diperkenalkan dengan kehidupan desa dari bangun tidur sampai kembali tidur dengan cara “ngenger”. Aktifitas masyarakat desa seperti bercocok tanam dan memanen padi akan menjadi pengetahuan dan pengalaman baru bagi wisatawan. Aktifitas lain seperti mengelilingi desa, “nembang”, dan menyaksikan kesenian tradisional menjadi suguhan yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan penggemar canoeing dapat menikmati paket susur Opak-salah satu sungai terbesar di DIY. Wisatawan juga dapat belajar membatik, karawitan, dan memasak masakan tradisional selama tinggal disini. Pengalaman lain yang tak boleh dilewatkan adalah wisata spiritual mengunjungi Komplek Makam Raja-raja Mataram Imogiri. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Bachroni Telp. 0274-6808609, 08157927374.

DESA WISATA LOPATI

Desa wisata ini terletak di Lopati, Trimurti, Srandakan sekitar 25 Km barat daya Kota Jogja. Wisatawan dapat menikmati proses pembuatan makanan khas buatan penduduk setempat antara lain bakpia, geplak, tempe, dan aneka makanan desa. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati mie letheg, tahu murni serta susu pasteurisasi dan aneka produknya. Wisatawan bisa praktek beternak, membuat kerajinan dari bambu, dan praktek budaya (gamelan , reog, jatilan, dll). Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sri Indarti Telp. 081578875256.

DESA WISATA KREBET

Desa wisata ini terletak di Krebet, Sendangsari, Pajangan. Tersedia homestay yang bisa dipakai untuk menginap dan menikmati suasana alam pedesaan. Wisatawan juga dapat menyaksikan dan mempraktekkan langsung proses pembuatan kerajinan batik kayu. Berbagai bentuk dan ukuran cinderamata batik kayu yang dihasilkan antara lain: topeng, sandal, patung, mainan, dll. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Kemiskidi, Telp. 0816685954.

Agenda   Wisata Religi

Agenda wisata Religi  yang rutin diselenggarakan disini adalah Merti Dusun Krebet yang biasanya dilaksanakan oleh penduduk setempat setiap Sabtu Legi Bulan Jumadilakir. Yang diikuti oleh seluruh warga desa  dengan membawa hasil panen/ hasil bumi sebagai persembahan ungkapan rasa syukur yang dipimpin oleh sesepuh desa Krebet. Untuk informasi : Kemiskidi, Telp. 0816685954.


DESA WISATA PANJANGREJO

Desa wisata ini terletak di Panjangrejo, Pundong, sekitar 20 Km selatan Kota Jogja. Seperti Kasongan, desa wisata ini menawarkan aneka bentuk dan ukuran cinderamata dari tanah liat. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Wardoyo, Telp. 0274-7884448.





DESA WISATA MANDING

Desa wisata ini terletak di Manding, Sabdodadi, Bantul, sekitar 12 Km selatan Kota Jogja. Tersedia rumah-rumah yang bisa digunakan wisatawan untuk live in. Disini wisatawan dapat menikmati kehidupan sehari-hari penduduk setempat, dapat menikmati budaya tradisional, dan dapat mempraktekkan pembuatan kerajinan dari kulit. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Jumakir Telp. 0274-6662191.

DESA WISATA WUKIRSARI

Desa wisata ini terletak di Wukirsari, Imogiri, sekitar 20 Km tenggara Kota Jogja. Wisatawan dapat menikmati kehidupan penduduk setempat dengan tinggal di homestay yang telah tersedia. Wisatawan dapat juga menikmati makanan khas setempat-pecel kembang turi-belajar membatik dan mengikuti jelajah desa. Setiap 2 tahun sekali (tahun ganjil) diadakan “Wukirsari Ekspo” sebagai sarana untuk mengangkat potensi desa. Wukirsari Ekspo diadakan antara tanggal 12-17 Agustus. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Nur Ahmadi Telp. 08175475794 – 081328225478 atau mengakses www.desawukirsari.com.

                                                                                Ke halaman berikutnya>>>

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger