INFO TEMPAT TEMPAT WISATA YANG ADA DI WILAYAH HUKUM POLRES BANTUL BAG IV

Minggu, 07 April 20130 komentar



D.        KERAJINAN / CINDERAMATA

KERAJINAN PATUNG PRIMITIF / ASMAT

Kerajinan patung primitif ini diproduksi di Dusun Pucung, Pendowoharjo, SewoN  (Jl. Bantul Km 8) dan di Komplek Goa Selarong. Berbagai bentuk dan ukuran patung dan aneka bentuk benda primitif dapat diperoleh oleh wisatawan.




KERAJINAN BAMBU

Di Dusun Karangasem, Munthuk, Dlingo – sekitar 30 Km tenggara Kota Jogja – dan Desa Wukirsari, Imogiri terdapat pusat kerajinan bambu. Berbagai bentuk peralatan dan perlengkapan rumah tangga seperti tempat nasi, tempat makanan kecil, dll. dihasilkan. Kerajinan bambu juga terdapat di Dusun Sanan, Bawuran, Pleret-sekitar 15 Km tenggara Kota Jogja. Produk yang dihasilkan disini adalah aneka meubeler dalam berbagai bentuk dan ukuran.

KERAJINAN KERIS

Kerajinan keris terdapat di Dusun Kembangputihan, Guwosari, Pajangan, tepatnya di sebelah timur Komplek Goa Selarong. Selain itu juga terdapat di Dusun Banyusumurup, Girirejo, Imogiri. Berbagai jenis / bentuk dan ukuran keris dihasilkan. Selain keris juga diproduksi tombak. Para pengrajian juga menerima “jamasan” : proses  pembersihan keris.

KERAJINAN GERABAH

Kerajinan ini terdapat di Kasongan, Bangunjiwo, Kasihan. Ada ratusan ruang yang memajang aneka bentuk dan ukuran produk dari tanah liat. Kerajinan ini juga bisa dijumpai di Dusun Jetis, Panjangrejo, Pundong.





KERAJINAN KIPAS BAMBU

Kerajinan ini terdapat di Dusun Jipangan, Bangunjiwo, Kasihan dan di Komplek Goa Selarong. Aneka kipas dan topi dalam berbagai bentuk dan ukuran dihasilkan disini.Biasanya dipakai dalam souvenir perni-Kan dan melayani pesanan dengan harga Yang sangat terjangkau.



KERAJINAN ROTAN

Terdapat di Jl. Imogiri Km. 14, Imogiri. Produk kerajinan yang dihasilkan adalah dalam aneka bentuk dan ukuran tas wanita, tempat tissue, dll. Yang banyak dihasulkan lebih banyak dari pesanan .






KERAJINAN SUTERA

Kerajinan sutera terdapat di Dusun Pucung, Wukirsari, Imogiri. Berbagai jenis dan bentuk serta ukuran cinderamata berbahan dasar sutera diproduksi dalam bentuk kap lampu, tempat lilin, tempat tissue dll.





KERAJINAN KULIT

Pusat kerajinan kulit terdapat di Manding, Sabdodadi, Bantul. Tempat ini berada di daerah segitiga Gabusan-Manding-Tembi. Puluhan ruang pamer terdapat disini. Produk yang dihasilkan adalah sepatu, sandal, dompet, jaket, dll. Dengan harga yang murah . Informasi Bp Jumakir Telp. 02746662191.

KERAJINAN BATIK KAYU

Pusat kerajinan batik kayu ada di Krebet, Sendangsari, Pajangan. Produk yang dihasilkan antara lain : patung, topeng, sandal, mainan,  dan berbagi macam-macam jenis souvenir dll.Informasi Bpk Kemiskidi Telp : 0816685954/Anton Wahono : 081328821611.

KERAJINAN FIBER
Kerajinan ini terdapat di Dusun Ganjuran,dan Dusun Saman, Sumbermulyo serta Dusun Bebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro. Produk yang dihasilkan adalah patung-patung gerejani dan replika pesawat terbang dan helikopter dalam berbagai ukuran dan bentuk.




KERAJINAN TATAH SUNGGING

Kerajinan ini terdapat di Dusun Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan-sebelah barat Kasongan, dan di Dusun Pucung, Wukirsari, Imogiri. Berbagai jenis kerajinan kulit seperti wayang, sekat buku, dll dihasilkan disini.








KERAJINAN TEMPURUNG KELAPA

Kerajinan ini terdapat di Dusun Santan, Guwosari, Pajangan dan Dusun Ngabean, Triharjo, Pandak. Produk yang dihasilkan antara lain asbak, sumpit, peralatan/perlengkapan rumah tangga, dll.





KERAJINAN BATIK

Kerajinan batik berada di Giriloyo, Wukirsari, Imogiri: Desa Wijirejo, Pandak, dan Desa Trimulto, Jetis. Bahan dan pakaian dengan aneka motif batik bisa didapat disini. Para pengrajin batik di Kabupaten Bantul sudah mulai menggunakan pewarna alami dari pohon indigovera.





KERAJINAN BUNGA KERING

Kerajinan ini berada di Dusun Ngabean, Triharjo, Pandak. Bahan baku yangdipakai untuk membuat kerajinanini adalah nyamplung, pinus, jambe, kepuh, dll.






KERAJINAN BATU UKIR /TERAKOTA

Kerajinan ini berada di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan. Berbagai bentuk dan ukuran patung, batu hiasan dinding, dll. Dapat dilihat Ataupun bisa dipesan ditempat ini.







KERAJINAN PERAK 

Terdapat di Kotagede, Banguntapan. Berbagai cinderamata seperti cincin, kalung, dll. dihasilkan disini. Wisatawan juga dapat mempraktekkan langsung cara pembuatan cinderamata ini.Juga dapat memesan berbagai souvenir Serta segala bentuk pernak pernik perlengkapan busana pengantin dan pakaian adat lainya.



 
                                                                                     Lanjut ke halaman berikutnya>>> 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger